Skip to main content

6 Cara Agar Aktivitas Membersihkan Rumah Jadi Menyenangkan

Buat sebagian orang kegiatan membersihkan rumah bisa jadi sebuah kebiasaan, yang jika tidak dilakukan malah menimbulkan rasa tidak enak. Sayangnya buat sebagian orang lagi, kegiatan membersihkan rumah dianggap sebagai hal yang cukup memberatkan. Ga masalah sih, kalo kita punya asisten rumah tangga, yang memang kita kasih amanah untuk membereskan dan membersihkan rumah, bahkan sampai urusan masak pula jadi urusan asisten..(wuiih, kita jadi ratu dong).

Tapi, bagaimana kalo asisten rumah tangga tiba-tiba ga bisa bantu kita di rumah, karena sakit, pulang kampung ada urusan mendadak, atau malah kabur (berhenti kerja tapi ga bilang-bilang).. Alamaaak, mau ga mau dan suka ga suka..terpaksa deh kita turun tangan *fiuhh*. Bawaannya males tingkat tinggi. Mau nyikat kamar mandi, jijik. Mau ngepel, bikin pegel. Mau nyapu, bikin bersin-bersin karena debu berterbangan. Mau ngelap-ngelap perabotan rumah, takut tangan jadi kasar.. Aduuuuh, pokoknya ada 1001 alasan yang bikin malesss *tepok jidat*.

Nih, aku kasih tips agar aktivitas membersihkan rumah jadi menyenangkan ^^
Silahkan disimak yaaa..

1.  Mulai aktivitas sepagi mungkin
Mulailah aktivitasmu di pagi hari, sekitar jam 6 pagi. Kamu bisa mulai dari yang ringan-ringan dulu, seperti membereskan dapur (memasukkan peralatan makan yang masih ada di rak sehabis cuci piring ke lemari makan, kemudian membereskan meja makan). Sesudah itu bisa dilanjutkan dengan aktivitas lainnya, seperti : ngelap-ngelap perabotan, nyapu, ngepel, nyikat kamar mandi dll.

2.  Pakailah pakaian yang membuatmu nyaman dan cantik
Gunakanlah pakaian yang membuatmu bebas bergerak, dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Note : Hindari daster ! Lebih baik pakailah atasan kaos dan celana kaos yang cantik ^^ Hehe..kenapa yaa, kok bersih-bersih aja harus milih baju segala? Sekalipun lagi bersih-bersih, tapi kalau kamu tetep 'tampil' rasanya beda lho..insya Allah lebih semangat.

3.  Isi perut dengan sarapan kecil
Dengan mengisi perut, kamu bisa semakin semangat dan memiliki tenaga lebih. Ga perlu sarapan dalam porsi besar, cukup dalam porsi kecil. Soalnya kalau terlalu kenyang malah bikin ngantuk. Satu buah pisang atau apel ditambah secangkir teh bisa membuatmu ON di pagi hari.

4.  Setel musik kesukaanmu
Mendengarkan musik bisa membuatmu semakin semangat, jadi ga ada alasan masih ngantuk atau malas. 

5.  Jadikan aktivitas membersihkan rumah sebagai good habit
Buat kamu yang selama ini bersih-bersih hanya kalo lagi mau aja, mulai sekarang ganti kebiasaanmu dengan menjadikan aktivitas bersih-bersih sebagai habit, lakukan setiap hari. Masukkan itu ke dalam daftar to do list mu setiap hari. Note : Kamu boleh kok ambil waktu libur, misal : hari minggu kamu libur dari yang namanya membersihkan rumah ^^

6.  Beri reward untuk dirimu
Setelah kamu berhasil melakukan aktivitas bersih-bersih dengan baik, tak ada salahnya lho kamu dapet reward. Tapi rewardnya ga harus setiap hari, cukup seminggu sekali jika dalam satu minggu tersebut kamu berhasil melakukan aktivitas bersih-bersih secara konsisten setiap hari. Rewardnya bisa apa aja yg kamu suka, misal : makanan favoritmu, dimasakin suami (kalau suami bersedia ^^ ), atau jalan-jalan bareng keluarga.

Insya Allah hal-hal tersebut bisa bikin kamu ga malas lagi buat membersihkan rumah, aamiin.

Comments

  1. makasih mak sarannya kebetulan saya nggak suka (alias males) bersih-bersih rumah *uhuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Intan ^^
      kalo saya masak yg bawaannya males :p

      Delete
  2. Yeee...ini juga yang telah bunda lakukan lho selama menjadi perawat dadakan. Merawat anak yang sakit dan memerlukan perhatian khusus sungguh merepotkan, belum lagi pekerjaan rumah tangga lain, sama seperti yang disebutkan diatas. Bunda bawa enjoy aja tuh. Pakaian? atas kaos (T-shirt) bawahan celana training yang lentur, biarpun udah sobek, hehe..malah tambah nyaman tuh ada silir-silir angin menerpa tubuh. Setelah lelah? Apa reward buat bunda? Gak lain, nunggu si anak tidur, trus ke Warnet deh sebentar aja, kira2 1 jam udah cukup buat nengokin blog, balas komentar2. Tips yang okpu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sobeknya itu lho mak yg bikin enak ya :p
      makasiih mak ^^

      Delete
  3. Musik, itu favorit saya kalau lagi kerja, bikin waktu ga kerasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mak Efi ^^
      musiknya apa mak? rock n roll ya, hehee..

      Delete
  4. Klo sy lebih suka pkai daster mak...isis and adem...krn jg g suka musik, bersih2nya diiringi murottal atau kajian ilmu di radio/ streaming internet ...aktivitas so pasti early morning...hbs sholat subuh jd bnr2 fresh..jd jam 6 atau stgh 7 sdh selesai tinggal masak2nya sj...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihhh hebat mak, habis shalat subuh n diiringi murattal / kajian ilmu..mantap bgt ^^ rumah bersih ilmu nambah ya mak..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…