Skip to main content

Emang Gaji Aja Yang Bulanan, Sedekah Juga Dong

Ayoo, siapa yang suka sedekah? Yakin deh semua orang pasti suka sedekah dan pernah sedekah. Sedekah kan bukan hanya dalam bentuk materi, perbuatan baik sekecil apapun yang kita niatkan untuk membantu orang lain atau menyenangkan orang lain juga dihitung sebagai sedekah. Sedekah juga banyak banget manfaatnya, anjuran untuk sedekah juga terdapat dalam banyak ayat Al-Qur'an maupun Hadits. Ini salah satunya :
Allah berfirman :
''Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apapun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.'' (QS Ali Imran [3] : 92).
Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
"Orang yang mengeluarkan shadaqoh dari hasil yang halal meskipun nilainya setara dengan sebutir kurma, sementara Allah tidak menerima shadaqoh kecuali dari hasil yang halal, maka Allah akan menerimanya dengan tangan kananNya, lalu melipatgandakannya sebagaimana bertambah besarnya anak kuda yang dipelihara seseorang dari kalian, sehingga shadaqah tersebut akan menjadi besar sebesar gunung." (Hadist Riwayat Bukhari-Muslim).
Masalahnya adalah, kita seringkali menunda-nunda yang namanya sedekah.. Ya, ini semacam godaan saat kita punya niat baik. Adaaa aja gangguannya, yang sayang uangnya lah, mending buat keluarga dulu lah (padahal keluarga ga kekurangan), sampe alesan besarnya gaji yang ga seberapa..*addeeeuuh*. Pernah ngalamin gitu? aku pernah, hihi.. Saat punya niat untuk memberi, eh tiba-tiba ada keraguan atau ada rasa malas. Ada bisikan-bisikan yang berusaha menggagalkan niat baikku. Ujung-ujungnya malah lupa, alhasil uang bulanan habis..sedekah belom *tepok jidat*.

Karena itu aku melakukan sedekah rutin, yang insya Allah aku lakukan tiap bulan. Emang gaji aja yang bulanan, sedekah juga dong.. :p Waktunya sih terserah kita kapan, mau awal bulan, pertengahan bulan atau akhir bulan juga ga masalah, asalkan ga kelewat aja *senyum*. Berhubung aku adalah seorang penjual dan bukan pegawai kantor, yang rutin nerima gaji tanggal sekian atau tanggal sekian, ya..aku bisa kapan aja nentuin waktu untuk sedekah bulanan. Anggap aja ini sesuatu yang harus / wajib kita masukkan dalam daftar pengeluaran kita, malah kalau bisa besarnya pun kita tentuin. Tempat kita bersedekah atau penerima sedekah pun bisa aja udah kita pilih sebelumnya, boleh lho..punya beberapa tempat (penerima) sedekah, jadi tiap bulan bergantian. Dengan begitu, tiap bulan kamu ga perlu mikir lagi harus sedekah berapa, kemana dan kapan. 

Tulisan ini dibuat insya Allah tanpa ada maksud riya, tapi hanya ingin berbagi. Mudah-mudahan orang lain yang memiliki masalah serupa denganku dulu, yang suka ragu atau merasa ada aja halangan saat punya niat sedekah, bisa terbantu dengan tulisan sederhanaku kali ini. Bahwa sedekah juga bisa diperlakukan sama dengan pengeluaran-pengeluaran rutin bulanan kita yang lain, jadi ga sampe kelewat yaaa.. Kan sayang banget tuh sedekah yang manfaat dan pahalanya besar kita lewatin begitu aja. Kalau tiap bulan aja kita bisa beli makanan/jajanan enak, belanja di mall, atau jalan-jalan bareng keluarga, masa sedekah ga bisa.. *teguran untuk diri sendiri*. GA ADA ALASAN UNTUK GA SEDEKAH ^^

Comments

  1. salam kenal mba...wah dari cimohay ya...abdi ge ti bandung aslina hehehhe. sedekah membawa berkah...yuk sedekah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih mak Rina ge geuningan ti bandung :p
      salam kenal kembali mak ^^
      ayoo maakkk..

      Delete
  2. setuju mak...usahakan sedekah harian lebih okee

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum mak kalo sedekah materi tapi harian :'( mudah-mudahan kedepannya bisa seperti itu, aamiin ^^

      Delete
  3. setuju mak...kayknya frekuensi sedekah saya harus di tingkatkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mak, mudah-mudahan Allah memudahkan niat baik Mak Enci ^^

      Delete
  4. Replies
    1. iyaa..setuju mak ^^ kita manusia butuh sedekah..

      Delete
  5. Mak .. .kirain itu GA (giveaway) karena ada kata GA Ada ALasan untuk GA Sedekah *dasar banci kontes* :D
    Eh, saya suka hadits sedekah yang itu lho kalo kita sedekah itu seperti menanam pohon yang nanti tumbuh buah dst (aduh sy gak hapal).

    Intinya, mau sempit atau lapang harus diusahakan sedekah ya mak. Bahkan senyum pun sedekah. Ngeklik LIKE buat yang minta juga. Makanya saya senang kalo ada yang minta tolong di LIKE kan sesuatu yang dia ikutkan lomba ... sedekah murmer ituh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..mak mak ada2 ajah :p begitu liat huruf GA ngiranya give away..
      ohh..saya juga ga hafal mak..
      iyaa mak Mugniar, sedekah itu banyak macamnya..dari yang kecil/sederhana sampai yg besar ^^

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…