Skip to main content

Jagalah Kesehatanmu Ketika Sehat

Sehat berarti kita berada dalam keadaan tidak sakit, semua bagian-bagian tubuh kita berfungsi dengan baik, lahir maupun batin. Sehat adalah nikmat yang sangat besar yang diberikan Allah untuk kita, karena hanya dengan sehatlah kita bisa menikmati secara maksimal apa yang kita miliki. Jangankan sakit yang mengharuskan kita berjuang di meja operasi, sakit kepala atau sakit perut aja udah bisa bikin kita merasa lemah kok. Banyak orang yang ketika sakit baru menyadari, bahwa selama sehat dia tak benar-benar menjaga kesehatannya. Makanya, jagalah kesehatanmu ketika sehat.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat sehat, demi menjaga kesehatan kita. Sebenarnya ada banyak tips-tips untuk menjaga kesehatan..tapi seperti biasa, this is my version ;) Yuukk mari disimak..

1.  Banyak Bersyukur
Bersyukur bisa dianggap wajib kamu lakukan saat kamu sehat. Tidak hanya saat sehat, saat diberi sakit sekalipun kita harus tetap bersyukur, apalagi saat sehat dong ya..bersyukurnya harus lebih banyak lagi. Bersyukur itu sangat baik untuk kesehatan hati dan fikiran kita. Selain itu, semakin banyak bersyukur insya Allah pasti semakin banyak rezeki yang Allah berikan. Jadi, hal yang paling penting buatku saat sehat banyak-banyaklah bersyukur, agar kamu bisa tetap sehat (yang pasti orang yang banyak bersyukur, hati / batinnya akan sehat insya Allah).

2.  Perbanyak Makan Makanan Yang Sehat
Makanlah makanan yang membuatmu sehat, karena tidak semua makanan bisa membuatmu sehat lho. Ada banyak makanan yang sebenarnya tidak menyehatkan untuk dikonsumsi, seperti : gorengan (terutama yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai untuk menggoreng berkali-kali), mie instan, makanan instan (yang dijual dalam bentuk beku atau kalengan), dll. Ya..kalau hanya sesekali kita makan, bisa jadi efek negatifnya tak terlalu berasa. Yang parah adalah saat makanan-makanan tak sehat itu kita komsumsi secara rutin.

3.  Sadar Diri
Yang paling tau kondisi tubuh kita biasanya ya diri kita sendiri. Jadi, sayangi dan perhatikanlah tubuh kita sendiri. Sadar bahwa kesehatan itu penting, serta sadar bahwa kesehatan harus dijaga. Misalnya, jika cuaca sedang tak bersahabat pakailah jaket dan bawa payung saat hendak bepergian. Kalau kita merasa kurang enak badan, jangan ngoyo dalam beraktivitas, karena ujung-ujungnya bisa bikin kondisi tubuh semakin drop. Bisa juga sadar diri dalam hal makanan, jika kita punya alergi atau pantangan terhadap salah satu macam makanan maka berusahalah untuk menghindarinya, sekalipun makanan itu benar-benar makanan favorit kita, misal : alergi terhadap seafood, kacang-kacangan dll.

4.  Jangan Merusak Diri
Hindari hal-hal yang merusak kesehatan tubuh kita seperti rokok, minuman keras, atau narkoba. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan kesehatan kita terganggu. Parahnya, kalau kita sudah menjadi seorang pecandu. Selain akan merusak kesehatan lahir, hal-hal tersebut juga bisa merusak kesehatan batin kita. Malah tidak sedikit pula yang berujung pada kematian. Aku bisa bilang, para pecandu ini seperti membunuh diri secara halus (perlahan).

5. Hindari Stress
Pasti sudah pada tau kan yaa..kalau stress itu bisa memicu berbagai macam penyakit, so don't be stress ;) Jalani hidup dengan bahagia, relaks dan dekatkan dirimu dengan Allah. Jika ujian hidup menghimpitmu, perbanyak lagi doa serta ibadahmu, dan tingkatkan sabarmu.

Okee..semoga bermanfaat ^^

Comments

  1. setuju mbak, krn kesehatan tu mahal harganya

    ReplyDelete
  2. Setuju mak, sakit itu lebih mahal dari pada memelihara yang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, memang terbukti..lebih baik mencegah daripada mengobati ^^

      Delete
  3. Setuju mak...tp dari semua itu apabila kt msh diberi sakit ya jg syukurilah & jgn mengeluh...krn sakit mengugurkan dosa2 kita apabila kita iklas & bersabar..ya kan mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sakit itu bisa jadi anugerah kalau kita pandai menyikapinya..karena bisa jadi ladang pahala juga penggugur dosa seperti mak bilang ^^

      Delete
  4. nikmat sehaaat memang tiada duanyanyaa mak...dan harusnya bisa kita jaga in all ocassion, all the time...saya setuju degan semua pointnya..bersyukur akan membawa banyak dampak positif untuk kita...TFS yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull mak Indah ^^ karena dengan sehat semua hal bisa kita nikmati dengan maksimal.. sama-sama mak..

      Delete
  5. Wajib dicoba tipsnya. Keren!
    Thanks sudah berbagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih mak Indah Juli ^^ sama-samaaa..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…