Skip to main content

Pelecehan Seksual Yang Pernah Kualami (Bag.2 : TIPS)

Berkaitan dengan postinganku kemarin mengenai pelecehan seksual yang kualami, kali ini aku akan membahas mengenai beberapa tips agar kita sebagai orang tua bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual pada anak perempuan kita, terutama yang masih dibawah umur. Berikut tipsnya :

1.  Jangan biarkan anak perempuan yang masih dibawah usia 12 tahun main tanpa pengawasan orang tua. Kalaupun anak kita pergi ke rumah temannya dengan alasan ada kegiatan sekolah, sebaiknya antar jemputlah mereka. Dan pastikan juga anak kita berada di tempat yang kita sudah kenal betul dengan pemilik rumah tersebut (bukan orang asing yang kita kurang kenal). Tak ada salahnya jika kita sesekali menelfon untuk memastikan anak kita ada dalam keadaan baik. Tapi, yang lebih baik adalah minta anak untuk belajar kelompok di rumah dan membawa serta temannya ke rumah, supaya kita merasa benar-benar aman ^^ *ups, egois yah*

2.  Ajari anak perempuan kita untuk terbiasa berpakaian sopan. Bisa diawali dari sejak anak mulai bersekolah, saat TK misalnya, minta ia untuk mengenakan kerudung. Begitupun saat anak keluar rumah, biasakan ia memakai pakaian yang sopan, seperti rok panjang atau kenakan legging jika roknya kurang panjang, terlebih saat ia pergi tanpa disertai orang tua (misal, ke rumah teman / tetangga).

3.  Edukasi anak soal bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh dipegang oleh orang dewasa (orang lain). Misal, katakan pada anak untuk tidak membiarkan orang dewasa memegang bagian dada, paha, pantat, dan alat kelaminnya.  

Sumber gambar : toktokwow.com

4.  Ajari anak untuk selalu bersikap terbuka pada orang tuanya. Buatlah anak selalu merasa nyaman saat bercerita tentang apapun pada orang tua. Saat anak bercerita, dengarkanlah ia dengan penuh perhatian, jangan memarahi apalagi menghakimi anak, tunjukkan reaksi yang membuat ia tenang. Jangan pernah tunjukkan reaksi yang berlebihan, misal panik atau takut, karena itu hanya akan membuat anak ikut menjadi takut dan kelak membuatnya takut untuk kembali bercerita.

5.   Edukasi anak bagaimana tindakan yang harus dilakukan saat terjadi pelecehan seksual. Misalnya, jika ada orang yang sengaja menyentuh alat kelaminnya, berteriaklah (jangan diam), dan segera menghindar dari orang tersebut (meminta perlindungan pada orang lain yang dikenal).

Comments

  1. mak aku juga pernah jadi korban pelecehan seksual waktu itu lagi di busway ada yg pegang-pegang p*nt*t eike hadeeeh gak sempet lihat orangnya soalnya mau naik busway pas desek-desekan klo ketahuan bisa-bisa eike tabok wkwkwk, perasaan eike pke jilbab panjang nutupin p*nt*t eh masih aja yah ada yg songong

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulah sebabnya saya paling males desek2an kaya di bus, di pasar, atau di tempat keramaian yg ada desek2annya sama non muhrim. risih bgt deh.. keterlaluan ya mak.. yg jilbabnya panjang aja masih diganggu..

      Delete
  2. makasih mak tips2nya.. edukasi dr orang tua emang penting banget yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mak Nathalia ^^ iyaa, pentiiiing bgt mak, edukasi yg pertama sebaiknya datang dari rumah (dari orang tuanya).

      Delete
  3. maak Arifah saya juga konsen ke pendidikan seksual dalam keluarga. makasih ya artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mak? bagus maakk, aku dukung bgt.. teruskan mak Ida ^^

      Delete
  4. setuju bgt mak. sayangnya anak perempuanku ga mau pake rok atau celana panjang. dia sukanya pake celana pendek. ga pendek bgt sih. tp tetep, tiap keluar rumah aku wajibkan minimal pake celana yg dibawah lutut panjangnya. ga lebih pendek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mak, ajari anak berpakaian yg sopan sejak dini..ya paling enggak saat ia mulai sekolah :)

      Delete
  5. wah...tipsnya oke mak...barakalllahu fiik...

    ReplyDelete
  6. aku pernah ngalamin jaman kuliah dulu mak, ada ekshibistionist yang hobbynya mangkal di seputaran kos-kosan cewek. nyebelin bat!!
    penting banget nih tipsnya... thanks mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh, nakutin ya mak.. sama-sama mka Muna ^^

      Delete
  7. Bagus Mak... tipsnya memang perlu untuk menghindarkan anak2 kita dari pelecehan seksual. Semoga anak2 kita tak akan mengalami hal itu.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  8. aku heran, kadang ga pake baju yang vulgar aja masih bs jadi korban pelecehan :( dan ceritanya aneh pas jalan biasa ada anak kecil cowok datang menghampiriku langsung meluk. di tengah jalan lo itu.. ck ck.. bener2

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak kecilnya umur brp mak Susan? kalo anak balita bisa jadi gemes kali liat mak, hehe.. jd perempuan memang harus extra hati2 ya mak..

      Delete
  9. Jadi ingat aku di solo... pelecehan seksual itu bukan hanya dilakukan orang dewasa ke anak2, tapi anak2 usia dini pun banyak yang melakukannya... misalnya anak cowok usia 4 tahun melakukan ke anak usia 2 tahun... hhhmmm sereeemmm kaaannn?.... ini kejadian tetangga aku waktu di solo.
    Ajari juga mak, pisahkan tidur antara orang tua dengan anak sejak anak usia dini... #tips selanjutnya.... heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahh?? gimana itu ceritanya anak2 ke anak2 melakukan pelecehan? astaghfirullah.. miris ya mak :(
      iya mak aku pernah denger juga tips kaya gt, trims mak ^^

      Delete
  10. Makasih sharingnya mak.. reminder buat para orang-tua nih, termasuk saya..

    ReplyDelete
  11. Ok tipsnya mak...memang sedari kcl hrs diberitahu..jd apa yg terjadi sm emaknya ini gak terjadi sama mrk...dan semoga tdk pernah terjadi...Amiiin......
    Btw lucu & cantik banget putrinya mak arifah...jd pingin uyel-uyel pipinya deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims mak Irowati ^^
      aamiin. hihii..aku wakilin deh yaa uyel2 pipinya.. :p

      Delete
  12. tips nya manfaat banget...., jadi menyadarkan para ortu agar lebih hati2...

    *hmmm..buah hatinya manis banget..., jadi gemes...he2

    ReplyDelete
  13. setuju mak. biar dikata orang anak kecil kok dibrukutin gitu, kl sy sih cuek aja. demi amannya. biar dikata org jgn salahin perempuan pk baju minim, yg salah otak laki2 ngeres. eh tp kl udah kejadian mau apa, apa bisa diambil lagi? jadi, dukung anak2 aman sjak dini.
    anak laki jg loh mak. anak saya cowok semua, sy bilangin bagian pantat, paha, titit n wudel ga boleh dipegang. jg jgn mau diplorotin clananya. soalnya anak laki tuh ga tau knpa sukaya mlorotin celana temannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak, kalo udah terjadi ga bisa dihapus..jadi harus dicegah sebisa mungkin.. itu mah dari jaman saya sd juga udah musim mak anak sekolah suka mrosot2in rok / celananya, tp waktu SD.. harus dikasih tau ya mak kalo itu ga baik dan ga boleh dilakukan..

      Delete
  14. sedih ya mak dengan maraknya pelecehan seksual yang bahkan mengarah ke kekerasan seksual. tapi edukasi ini ngga cuma untuk anak perempuan pastinya, anak laki-laki juga. saya juga selalu ingetin ke anakku kalau bagian kelaminnya adalah bagian yang tidak boleh dipegang siapapun kecuali dirinya sendiri atau ayah ibunya ketika sedang memandikan atau intinja. hiks.. semogaa makin hari bisa semakin berkurang hal2 seperti ini... terima kasih mak Arifah sudah berbagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat prihatin :( banyak sekali kejadian yg ga terungkap..karena sang anak bersikap diam :'(
      bagus mak.. memang anak laki2 pun sama harus di edukasi juga.
      aamiin, sama2 mak Khurie ^^

      Delete
  15. Hiks sedih ya Mak, memori akan kejadian pelecehan itu akan terbawa sampai dewasa, mudah2an anak2 kita dijauhi dari hal2 semacam itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, luka batin emang susah ilangnya..
      aamiin mak Helda..

      Delete
  16. bener mak...dari kecil memang harus mulai diajarkan...makasih tipsnya, bermanfaat sekali, apalagi saya pun punya anak perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak, sedini mungkin.. makasih kembali mak Liswanti ^^

      Delete
  17. Jaman sekarang, bukan anak perempuan aja yang perlu dibekali mana yang boleh dipegang mana yang tidak, mana yang boleh diperlihatkan mana yang tidak. Anak lelaki juga harus. Kasus sodomi yang dilakukan tetangga juga makin marak nih. Makasih tipsnya ya mbak, tengkyu for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, anak lelaki juga bisa kena pelecehan..
      sama-sama mba Mayya ^^

      Delete
  18. mak,,, saya juga pernah ngalamin, kayak di toel p*n***nya sama orang pas di acara nikahan.. :'(

    makasih mak sudah share tips yang inshaa Alloh bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti karena desak2an gitu ya mak? memang ga boleh perempuan itu berdesak2an, resikonya gitu mak..
      sama2 ya mak Amidy :) salam kenal..

      Delete
  19. makasih udah share tipsnya mak, jadi mengingatkan kita semua...

    anak-anak sejak dini memang harus dikasih tahu agar bisa menjaga diri mereka dari hal-hal yg tidak baik. dimulai dari mengajarkan berpakaian yang baik dan tingkah laku yang sopan...

    harus hati-hati.. gak anak cowok, gak anak cewek, semua harus hati-hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Zakia :)
      Betul, ajari sedini mungkin..
      Iya sama aja mak, anak laki2 juga harus diberi edukasi soal ini..

      Delete
  20. wah..bermanfaat bgt, mak..barusan aja aku dapet kabar ga enak dari anaknya temen suami, yg mengalami pelecehan seksual dari temennya sendiri..duuhh, sedih bgt..mana kejadiannya di sekolah.. :-(

    apa yg mak alami jd pelajaran buat kita semua..memang ga mudah utk jagain anak perempuan ya, mak..syukurlah emak ga sampe trauma gimana2 karena pernah ngalamin yg begini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah, sedih ya mak dengernya :(
      Bener2 harus extra hati2.. alhamdulillaah ga sampe trauma yg gimana2 mak, karena dulu masih kecil bgt n kejadiannya juga ga sampe berkelanjutan dan bikin aku sakit.. bersyukur masih dilindungi..

      Delete
  21. aduh..itu si adek lucu banget..mau aja jadi model emaknya..hehehe *salahfokus*
    anak2ku cowo semua..tp tetep aja harus diajarin biar nantinya gak kurang ajar sama cewe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..itu sih ngambil aja dari koleksi foto yg ada :)
      Bagus mak, memang anak lelaki harus diajarin supaya bisa memperlakukan wanita dgn baik..

      Delete
  22. Hai mbak Arifah, aku juga pernah ngalamin, secara kalau naik bis kota bareng bapak-bapak bawaannya parno. Jadi saran nich buat para wanita yang naik bis kota dan rawan, mending cari tempat duduk deket cewek2 juga, dan posisinya jangan yang bagian pinggir jalan, nggak aman >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..saya paling males nih naek bis :p kecuali bisnya perempuan semua yg naek.. Iya ya kalau terpaksa naik bis kita harus pilih-pilih posisi yg aman :) makasiih sarannya ya..

      Delete
  23. tips yang berguna, perlu saya catat dulu untuk melindungi anak dari pelecehan seksual
    emang sih ngeri banget kalo di TV banyak berita yang mengabarkan mengenai pelecehan seksual anak di bawah umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, PR orangtua jaman sekarang lebih sulit karena banyak kejahatan-kejahatan terselubung, seperti kejahatan seksual yang ternyata di lakukan oleh orang di sekitar anak dan orangtua gak tau itu..

      Delete
  24. Miris, Mak. Palung pun harus diproteksi agar jangan diganggu. Astagfirullah jika ada anak yang melakukan itu pada anak lain, berarti ada yang salah dari pola asuh ortunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, anak lelaki juga harus sama dijaganya, karena sekarang yg kena pelecehan seksual bukan hanya didominasi anak perempuan..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…