Skip to main content

Bakso Bisa Berbahaya Bagi Balita

Gambar diambil dari sini

Eh, buat kalian penyuka bakso jangan khawatir..bakso ini bisa tetap aman untuk dikonsumsi oleh balita asalkan benar cara mengkonsumsinya. Btw, siapa sih yang ga suka bakso.. Jangankan orang dewasa, nenek-kakek sampe balita aja banyak yang doyan kok. Rasanya yang menggugah selera makan dan membuat kita pingin nambah dan nambah lagi menciptakan sensasi nikmat saat mengkonsumsinya. Eh, salah fokus :p jadi berasa posting kulineran.. hihi. 

Aku pernah dengar cerita tetanggaku yang anak balitanya meninggal karena makan bakso. Miris banget dengernya :'( Jadi, balita itu tersedak saat sedang makan bakso yang berukuran kecil. Aku sih ga tau cerita pastinya. Tapi bisa kita bayangkan jika bakso yang dimakan balita itu dalam keadaan utuh saat masuk ke mulutnya (tidak dipotong-potong kecil dulu), kemudian dia tersedak saat hendak menelan bakso tersebut. Bakso yang masih utuhan tersebut bisa saja menutup jalan pernafasannya, dan mengakibatkan balita tersebut meninggal dunia. Oleh sebab itulah bakso bisa berbahaya bagi balita.

Makanya aku ga pernah biarin anakku yang berusia 2 tahun 5 bulan makan bakso tanpa dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Sekalipun baksonya berukuran kecil, tapi berhati-hati tetap lebih baik. Kalau baksonya bertekstur terlalu kenyal atau cenderung keras aku ga berani kasih ke anakku. Tapi jangan sering-sering membolehkan anak batita makan bakso ya, ga baik ;) Kenapa? cari tau sendiri ya, hehe..

Selain bakso sebenarnya masih ada beberapa makanan yang dikhawatirkan bisa menyebabkan anak balita tersedak. Salah satunya adalah permen, sepertinya kita juga sudah sering mendengar anak kecil tersedak permen. Aku pribadi juga belum berani memberi permen untuk anakku secara utuhan, aku biasa menghancurkannya lebih dulu sebelum memberi pada anak. Selain permen ada juga daging, kacang-kacangan atau keripik yang menjadi penyebab batita / balita tersedak.

Intinya, berhati-hatilah saat anak batita / balita sedang makan. Selalu awasi, terutama jika makanan yang sedang dikonsumsinya termasuk jenis makanan yang bisa menyebabkannya tersedak. 

Comments

  1. nice post mak arifa :)iya juga ya, bahaya kesedek gitu ya. malah gak pernah kepikir kesitu, anakku yg no 1 malah kecilnya ga doyan baso sih. ha..ha. emaknya kipas-kipas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mak Widya :)
      Wah bersyukur mak, kalo anak kecil ga doyan bakso sih.. mending doyan makanan lain yang jauh lebih sehat deh..

      Delete
  2. iya mak kata ibu ku ada anak kecil yg meninggal karena bakso, makanya ibu ku cerewet banget klo lihata nak kecil di suapin bakso di suruh potong kecil-kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada juga toh kejadian lain :(
      Iya mak, mamaku juga gitu.. jadi selalu wanti2 cucunya kalo lagi makan, khawatir tersedak..

      Delete
  3. ya makanya balita jangan dikasih makanan bentuk bakso.... tapi sebaiknya potongan bakso... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..betul mak, kalau mau ngasih ke anak balita emang harus dipotong2 dulu.. :)

      Delete
  4. kalo aku dulu pernah liat sepupuku mamah dulu makanannya baru dikasihkan anaknya, katanya lebih alus daripada dipotong kecil2. ya mungkin lebih baik gini daripada tersedak ya, mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu juga aku suka gitu pas anakku masih setahunan, sekarang mah udah enggak :p
      Iya mak mending gitu daripada bahaya..

      Delete
  5. bener mak, bakso emang paling dicintai semua kalangan. keponakan saya masih 3 taun aja doyan banget, kalo gak diawasin makannya kadang tersedak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anakku pun udah mulai doyan :p
      Wah, harus hati2 mak..

      Delete
  6. Lah aku yang udah gede aja masih suka motongin baksonya pake sendok sebelum dimakan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee..ya iya lah mak Efi, kalo baksonya guede ya dipotong2 tp kalo yg kecil2 mah aku langsung aja, nyam, nyam, nyam.. :)

      Delete
  7. kirain
    bagi kesehatan
    but nice ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditinjau dari kesehatan aku ga tau detailnya mba :) Mau ngejelasin khawatir ga akurat :p hehe..

      Delete
  8. mak,, saya doyan banget makan bakso, anak saya juga sudah mulai tertarik makan bakso, tp harus dipencet2 atau dibuat agar mudah dikunyah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mak Amidy :) saya juga doyan buangett..
      Hah? dipencet2 bagemane mak? :p hihi..diancurin gitu maksudnya ya mak..

      Delete
    2. haha, sama kita mak.. diancurin tp pake tangan mak, ga pake alat atau blender..

      Delete
    3. Oalah..dipenyet2 gitu ya pake tangan :) hihi..demi anak ya mak..

      Delete
  9. Wah, bener banget.. kemarin si Daffa hampir saja tersedak, untung ketahuan ibu'e...

    ReplyDelete
  10. Waaah anaknya memaisa diri makan bakso utuh Mak? Waduh .... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal tetanggaku itu aku juga ga tau persis mak kejadiannya, ini berdasarkan perkiraanku aja.. tp memang ada anak kecil yg kalo makan bakso kecil2 yg ditusuk gitu, ga digigit2 dulu jd langsung masuk ke mulut, kan bahaya ya mak..

      Delete
  11. duo krucilku semua suka bakso mbak... apalagi kalo susah makannya... bakso bisa jadi penawar susah makannya mereka...
    alhamdulillah baksonya sering bikin sendiri.. jadi alhamdulillah aman :D

    duo krucilku kalo makan bakso sukanya ditusuk pake garpu, trus digigit-gigit kecil-kecil sama giginya... dan bundanya biasanya ikutan pegang baksonya meski udah ditusuk pake garpu... biar tangan bunda jadi pembatas gigitan duo krucil,... gigitnya dikit-dikit aja :D
    *riweh ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syukurlah mbak, kalo buat sendiri terjamin ya gizinya :)
      Tapi teksturnya empuk dan lembut kan mbak, supaya mudah ditelan..

      Delete
  12. Anakku suka banget baso, udah 9 th sih. Tapi tetep aja aku ingetin untuk tidak makan secara utuh.

    ReplyDelete
  13. Anak saya berumur 2 tahun bulan lalu keselek bakso padahal sudah saya potong kecil. Rupanya setelah saya suapin dia langsung minum, langsung ketelen dan dia a-e-a-e nggak bisa napas. Saya panik tapi untungnya inget cara menolong orang tersedak. Saya pukul-pukul punggungnya, Alhamdulillah keluar bakso itu. Pengalaman berharga banget tuk diambil pelajaran *nggakmaungalaminlagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah ga sampe kenapa2 ya mak :) keliatannya sepele ya..cuman keselek doang, tp bisa fatal kalo sampe menghalangi jalan nafas..

      Delete
  14. bener banget mak....intinya balita makan harus di awasi....belum bisa menakar berapa banyak yang bisa dikunyah, saya lebih sering menyuapi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak yang penting diawasi sama kita.. :)
      Batitaku jg kalo makan besar disuapi, kalo ngemil baru makan sendiri, hehe..

      Delete
  15. tetangga kakakku, anaknya meninggal karena tersedak mini jelly. dia mangap mendongak, dan emaknya menyuapkan dengan memencet mangkuk plastiknya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh sedih dengernya :( Kasian mamanya, pasti ngerasa bersalah meski ga sengaja..
      Ini jadi pelajaran besar buat para ortu ya mak..

      Delete
  16. Aihh, serem banget. Ngeri aja ngebayangin beberapa kasus yang terjadi. Keponakanku sering banget makan bakso dan jajan permen. Habis baca ini jadi punya tindakan antisipatif biar gak tersedak. Makasih Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus hati2.. lebih baik mencegah hal buruk terjadi ya mak..

      Delete
  17. oh kirain baksonya ada formalinnya rupanya kesedak to? mungkin perlu dicacah dl mak bakso nya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya cerita soal balita tersedak mak :)
      Iya, bisa juga dicacah supaya aman..

      Delete
  18. Saya inget, terakhir kali main ke blognya teh Arifah Desember 2013 pas blognya baru jadi. Masyaallah, sekarang udah banyak banget tulisannya. Isinya bagus, tambah rapih cara nulisnya. Pengunjungnya juga banyak. Teh Arifah produktif banget. Patut ditiru :)

    *kasih jempol*

    Eh, sorry OT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..seneng deh mak Frida masih inget 3 bulan lalu pernah maen ke sini :) makasiih mak.. tapi masa sih..hihi.. blog n tulisan saya masih minim kualitasnya kok, belum patut ditiru ;)

      Delete
  19. Kasihan sekali anak tetangganya Mbak...
    Kelalaian orangtua memang seringkali berakibat fatal.
    Bakso? wah saya penggemar bakso Mbak, fanatik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ikut prihatin :(
      Makanya orang tua yang memiliki anak kecil memang ga boleh menyepelekan hal-hal yang nampak remeh, karena bisa berakibat fatal.
      Toss, saya juga sukaaa banget bakso :))

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…