Skip to main content

Tips Membawa Balita Ke Tempat Bermain

Sumber gambar dari sini

Kayanya semua mommies yang punya anak balita, pasti pernah ya mengajak buah hatinya ke arena tempat bermain anak. Itu lho, yang ada mobil-mobilan, motor-motoran, sepeda, perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, mandi bola, dan lain-lain. Tapi tahukah moms, mengajak anak bermain ke tempat seperti itu perlu beberapa persiapan yang sebaiknya tak kita lewatkan. 

Mau tau apa saja kan ? Yuk disimak :) Tips berikut saya dapat berdasarkan pengalaman pribadi dan juga hasil pengamatan saya. Boleh lho, kalau ada yang mau menambahkan..

1.  Pastikan Kondisi Anak Dalam Keadaan Fit
Jangan coba-coba membawa anak balita ke tempat bermain jika kondisinya sedang tidak fit ya moms. Karena saat anak sedang dalam kondisi tidak fit, yang dibutuhkannya adalah istirahat, bukan bermain. Jika anak sedang dalam kondisi yang tidak fit, yang dikhawatirkan adalah sakitnya akan bertambah parah, karena terkena virus atau bakteri di tempat bermain tersebut. 

2.  Pakaian yang Tertutup Tapi Nyaman
Ini penting lho, karena tempat bermain anak adalah tempat umum yang bisa digunakan siapa saja setiap harinya. Kita pun tak tau pasti bukan, apakah semua peralatan main itu benar-benar dalam kondisi bersih. Sebaiknya pakaikan legging dan baju tangan panjang, agar kulit batita kita terlindungi dari kuman dan kotor. 

3.  Jangan Lupa Sarapan Sebelum Berangkat
Sarapan itu penting moms, karena dengan memperhatikan sarapan buah hati berarti kita menjaga stamina anak. Jika saat anak hanya melakukan aktivitas di rumah saja mereka harus sarapan, apalagi saat mereka akan berpergian, tentu harus lebih diperhatikan asupan makanannya. Sarapan akan membuat anak lebih kuat beraktivitas dan lebih ceria bermain. 

4.  Bawa Tisu Basah atau Hand Sanitizer 
Ini berguna terutama untuk menjaga kebersihan tangan anak juga kita, terutama saat hendak makan. Tisu basah juga diperlukan saat hendak ke kamar mandi. Menjaga kebersihan tangan itu penting, karena sebagian besar kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita berasal dari tangan. 

5.  Bawa Bekal 
Jangan lupa untuk membawa bekal makanan ringan sebagai camilan anak. Usahakan membawa makanan ringan kesukaannya, dengan begitu anak akan semakin semangat. Biasanya saat bermain anak akan lebih mudah lapar, dan untuk mencegah anak merasa lemas karena lapar, maka camilan menjadi solusinya.

6.  Cek Setiap Kondisi Arena Permainan
Sebaiknya sebelum anak kita mencoba satu arena permainan, pastikan bahwa kondisinya bagus dan layak. Misal untuk arena mandi bola, coba cek bola dan kolam bolanya. Apakah kondisinya bersih? Karena saya pernah menemukan ada kecoa di sekitar arena permainan mandi bola, dan ini menurut saya menjijikkan  >_<  Begitu pula untuk permainan mobil-mobilan ataupun motor-motoran, cek dulu apakah berfungsi dengan baik. Jangan sampai kondisinya tak layak pakai dan membahayakan batita kita. 

7.  Perhatikan Anak Saat Bermain
Yang terakhir adalah, perhatikan anak kita saat mereka sedang bermain. Jangan sampai lengah, kemudian anak menghilang dari pandangan. Sekalipun kita tak selalu berada di dekat anak, namun pandangan kita jangan sampai lengah memperhatikan anak. 

Comments

  1. Saya belum jadi mommy sih, mak.. tapi tipsnya bener juga tuh, kadang ngecek kondisi mainan jarang dilakuin sama ortu, sering saya lihat ya langsung dinaikin aja gitu. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ga lama lagi mak merasakan indahnya jadi mommy :))
      Iyaa..hihi :p padahal ini bisa mencegah dari hal2 yang bisa jadi bahaya buat balita (jika alat permainan ternyata rusak)

      Delete
  2. betuuuul bangeeet nih mak....apalagi kondisi tempat bermain tidak selalu baik ya mak...saya paling sering main dengan anak-anak di kolam renang :)..lebih ekstra lagi jaganya :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya tuh..kalo ke kolam renang harus lebih ketat jagainnya ya mak :)

      Delete
  3. Soal kebersihan tempat itu hal no 1 yang kuliat kalau mau ajak anak main di playland, Mak. Pernah ke suatu playland karena ponakan udah mewek-mewek mau main di sana, tempatnya luas tapi mainannya eww deh, baik yang jaga & ortu yang nganter banyak yang cuek ama kebersihan. Ada ortu yang tidur (beneran tidur) ada yang rombongan makan nasi kotak -_-. Bola di tempat mandi bolanya debuan. Akhirnya ponakan & anak cuma kubolehin main di permainan yang kuliat agak bersihan. Wlo HTM 25ribu boleh main sepuasnya, kayaknya ga sampe 30 menit udah kuajak anak-anak keluar & cepet-cepet cuci tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adduuhh, padahal soal kebersihan ini yang paling penting buat anak2 ya mak :)
      Wah, mending ga usah masuk masuk deh ya mak..

      Delete
  4. saya sudah melewati proses repot tapi menyenangkan ini mak :)
    tipsnya keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mak Irma, ini agak repot tp sangat menyenangkan :)

      Delete
  5. Tisu basah kadang Lupa gabawa atau gada stok di rumah..makasih tipsnya mak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aku juga kadang lupa mak.. Padahal ini penting bgt utk jaga kebersihan tangan :)

      Delete
  6. Yang mandi bola itu mak yg bnr2 hrs dihindari...bbrp wkt yg lalu sy prnh share artikel dr tmn ttg kehati-hatian mandi bola, kr ada kasus, si anak menangis wkt mandi bola, ktnya pantatnya sakit, stlh dicek spt ada bintik merah dan sdkt berdarah, dikira digigit serangga. sp dirmh si ank kejang, stlh dilarikan dirmh sakit kt pihak rmh skt ank tersebut OD narkotika dan meninggal,si ibu ingat akn luka kcl td ada luka dipantatnya, stlh lapor polisi dan sbgnya, tempat mandi bolaa dibersihkan dan diperiksa ditemukan jarum suntik yg msh berisi cairan narkotika, cuter dan bbrp serangga...waaa ngeri kan mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaahh, beneran mak ? Aduh segitu parahnya ya :(
      Itu berarti tempat mandi bolanya ga pernah dibersihin ya, untungnya tempat bermain yg saya suka kunjungi sama anak, bola2nya suka di cuci dan kolamnya dibersihin. Saya juga cuma kasih anak maenan mandi bola kalo pas liat bolanya abis dicuci, kalo ga mah sy ga kasih maen disitu. Khawatir ga bersih..

      Delete
    2. Bisa mak Arifah baca disini https://www.facebook.com/notes/lulu-rumah-clodi/bahaya-mandi-bola/1468824856662759

      Delete
  7. bermanfaat sekali buat aku yg suka ajak ponakan jln jln :-)

    ReplyDelete
  8. Kalau beurusan dengan tempat umum dan anak memang harus care bener... dan awas jaga anak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…