Skip to main content

Manfaat Ngeblog (My Version)

Sumber gambar dari sini

Aktivitas blogging yang baru saya kenal 4 bulanan ini adalah aktivitas dengan segudang manfaat. Berikut ini saya ulas beberapa manfaat blogging versi saya. Semoga semakin banyak orang yang tertarik untuk ikutan ngeblog dan mendapatkan manfaatnya, aamiin.

1.  Sarana Berbagi dan Mendapatkan Informasi Serta Pengetahuan
Melalui tulisan yang kita posting dalam blog, membuat kita bisa berbagi apapun dengan orang lain. Sehingga orang lain yang membaca tulisan kita mendapatkan informasi dari apa yang kita tulis. Begitu pula kita, sebagai blogger, kita pun banyak memperoleh informasi dari sesama teman blogger melalui tulisan-tulisan mereka. Tak hanya sekedar informasi, namun ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan melalui postingan-postingan yang kita baca. Karena banyak pula teman-teman blogger yang ahli dalam bidang kedokteran, hukum, jurnalistik, parenting, dan lain lain yang membagi ilmu pengetahuannya melalui blog.

2.  Sarana Belajar
Kita bisa belajar masak saat membaca postingan mengenai masak-memasak. Kita belajar mengenai parenting melalui blog yang membahas seluk beluk parenting. Kita juga belajar mempercantik tampilan blog kita, dari blog yang membahas mengenai berbagai tutorial blog. Dan masih banyak lagi blog-blog yang bisa kita jadikan sarana untuk belajar. 

3.  Belajar Menulis
Blogging tentu tak terlepas dari aktivitas menulis. Pastinya ini membuat kita belajar menulis. Ada pepatah bisa karena biasa. Kita bisa menjadi penulis karena terbiasa menulis. Semakin sering menulis maka semakin baik pula tulisan kita. Jadi buat kamu yang ingin belajar menulis, bisa dilakukan melalui blogging

4.  Menambah Frekuensi Membaca
Saat kita membuat sebuah postingan di blog, seringkali kita mencari bahan referensi untuk tulisan kita. Ini membuat kita jadi banyak membaca. Saat kita merasa buntu ide, banyak membaca bisa membuat kita lebih lancar dalam mengolah sebuah ide. Begitu pula jika kita sedang mengejar pagerank untuk blog kita, salah satu caranya dengan rajin blogwalking -yang tentu tak lepas dari membaca-. Termasuk saat kita ingin kualitas tulisan kita lebih baik, ini bisa diperoleh dengan semakin banyak membaca. 

5.  Mengasah Otak
Melalui aktivitas menulis dan membaca yang kita lakukan dalam blogging, tentu membuat otak kita lebih produktif. Semakin produktif otak kita, maka semakin positif pikiran kita. Aktivitas membaca dan menulis dalam blogging membuat otak kita semakin terasah, karena kita berusaha menuangkan hal-hal yang kita baca atau yang kita pikirkan dalam bentuk tulisan. 

6.  Sarana Silaturahmi
Yup, dengan blogging kita jadi mengenal banyak orang baru dan inspiratif. Melalui blogging kita memperoleh teman-teman baru yang memiliki satu kesamaan, yaitu blogging. Bahkan tak sedikit juga yang akhirnya melanjutkan pertemanannya ke dalam dunia nyata. 

7.  Sarana Mendapatkan Uang dan Hadiah
Ini bisa jadi hal yang paling menyenangkan dari sederet manfaat di atas :) Kenyataannya blogging bisa menjadi ladang uang bagi sebagian orang. Ada berbagai cara untuk membuat aktivitas blogging ini menghasilkan uang. Bisa melalui iklan yang kita pajang di blog kita, review produk, mengikuti lomba berhadiah uang, membuka online shop melalui blog, dan lain-lain. Selain uang, kita juga bisa mendapat berbagai macam hadiah dari mulai laptop, handphone, televisi, baju, sampai pernak-pernik lucu dari lomba atau giveaway

Gimana, tertarik untuk blogging?? ^_^

Comments

  1. Semua manfaat ini saya setujui banget.. menurut saya memang benar seperti yang mak tulis dan saya pun sudah merasakan beberapa manfaat di antaranya. Tapi ada satu lagi manfaat yang paling besar yang saya rasakan dari ngeblog, mak.. yaitu kepuasan batin.. ada semacam perasaan dan kekuatan yang tersalurkan melalui nulis di blog dan ini lebih bernilai harganya dibanding yang lain-lain. Tentunya kalau blog kita diapresiasi orang pasti rasanya senang. Tapi tanpa diapresiasi sekalipun saya senang banget bisa nulis dan banyak yang baca, hehehe :)

    Salam kenal ya, mak :)

    Rumah blognya penuh bunga nih, cerah ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, kepuasan batin juga termasuk salah satu dari manfaat ngeblog :) Apresiasi orang lain itu bonus ya mak, buat nambah semangat blogging.
      Salam kenal juga mak..
      Hihi, iya biar girly banget..

      Delete
  2. saya blogger baru yang tulisannya masih sedikiit, salam kenal mbak, happy blogging
    \(-^_^-)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah saya juga baru bbrp bulan kok mbak :) Ayo semangat buat rajin nulis.. Happy blogging jugaa :)

      Delete
  3. tertarikk bangettt dong mak hehehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..banyak manfaatnya soalnya ya mak :)

      Delete
  4. bener banget Mbak... saya setuju semuanya, apalagi yang nomor 7 itu lho.... hihi kayaknya tema bognya baru nih, lebih cerah dan seger.....;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, siapa sih yang ga seneng dapet duit dan hadiah yaa :)
      Cuma ganti cat aja kok mbak, supaya fresssh..

      Delete
  5. Banyak ya mak manfaatnya.. akupun sudah merasakan smua ituu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, bersyukur bisa jadi blogger ya mak :)

      Delete
  6. Setuju banget2 mak! bener tuh jadi banyak nambah sodara, juga banyak rezeki alhamdulillah!
    Salam kenal dari Cianjur!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, alhamdulillaah yaa :)
      Salam kenal kembali dari Cimahi yaa

      Delete
  7. saya juga rasakan banyak manfaatnya hehe

    ReplyDelete
  8. Setuju sama semua manfaat yang dijabarkan :)
    nambahin satu, senang banget bisa mempunyai teman blogger seperti dirimu <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaahhh..bikin melting nih Mak Indah :)) Sayangnya aku ga punya receh mak :p hihi..

      Delete
  9. alhamdulillah banyak berkah dari ngeblog ^^

    ReplyDelete
  10. Ada manfaat lain Mak, kalo menang lomba-lombaan bisa dapet uang atau gadget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Titi, saya bahas di point ke 7 :)) *kelewat ya bacanya :p hihi.

      Delete
  11. Bener banget yang dipaparkan mak, ngeblog jadi terasa indah^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mak, apalagi kalau dapet manfaat yang point 7 :)) hehee..

      Delete
  12. setuju sama semuanya hahahaha :)) lucu ya, saya mulai ngeblog taun 2007. alamak kacau banget tulisannya. gak jelas, curhat melulu. putus sama pacar, ditulis. kuliah banyak tugas, ditulis. sakit, ditulis juga. sekarang juga masih sih, cuma emang berkembang ya ternyata gaya tulisannya. mungkin karena umur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..dulu pake bahasa alay juga ga mak?? :p
      Lama-lama kan semakin pintar mak menulisnya, plus semakin tua semakin bijak menulis, hihiii... *cubit*

      Delete
  13. Replies
    1. Iya mbak, paling menarik rasanya, hehe :))

      Delete
  14. sarana untuk eksis juga :D
    tapi kalau saya karena butuh sih ya. butuh untuk menuangkan ide dalam tulisan bebas sesuai prinsip-prinsip yang saya anut hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mak, sarana buat mengeksiskan diri :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…