Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2014

Mengganti Cat Rumah Maya

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang mudah bosen sama sesuatu. Termasuk template blog, bisa dilihat dari awal saya ngeblog akhir tahun lalu, template blog saya gak berubah. Kalau saya udah suka sama sesuatu, saya gak berfikir untuk menggantinya :) Template blog yang saya pakai adalah asli bawaan blogger. 

Nah, lain halnya dengan background. Saya merasa bosan kalau kelamaan backgroundnya gak diganti. Apalagi saya membuka blog sehari bisa belasan atau puluhan kali *lebay sih :p Rasanya bosan deh kalau gak diganti backgroundnya secara berkala. Maka dari itu, saya rutin mengganti background setiap bulannya. 

Kalau kita punya rumah yang catnya kita ganti secara berkala pastinya seru dong :) Jadi gak bosenin, termasuk buat tamu-tamu yang datang ke rumah. Ya, kurang lebih sama lah ya, dengan blog yang merupakan rumah maya kita. Perlu juga nih mengganti cat rumah maya kita. Tapi tergantung sang pemilik rumah juga kok. Ada juga yang blognya bertahan dengan nuansa yang sama dalam jangka waktu la…

Bulan Paling Dinanti, Bulan Banyak Rezeki

Alhamdulillaah bulan Ramadhan insya Allah gak lama lagi akan kita jelang :) Senang yaaa, pastinya. Bulan Ramadhan adalah bulan paling dinanti dan bulan banyak rezeki. Karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh barakah, bulan penuh ampunan, bulan di mana pahala kita dilipatgandakan oleh Allah. Asyik ya.. 

Selain itu, di bulan ini juga para pegawai udah mulai sibuk membicarakan THR (Tunjangan Hari Raya). Eh, bukan hanya pegawai aja lho yang sibuk sama THR. Para pekerja lain seperti pedagang atau penjual jasa juga mengalami kenaikan pendapatan. Ya, inilah rezeki yang dilebihkan Allah selama bulan Ramadhan. 

Bulan Ramadhan selalu punya kesan yang mendalam untuk kita umat muslim. Buat saya, bulan Ramadhan selalu punya kenangan-kenangan yang indah untuk diingat. Sudah dua tahun ini Ramadhan saya semakin indah dengan adanya Alia. Senang rasanya ada yang menambah keceriaan saat saya berbuka puasa. 

Saya berdoa, mudah-mudahan bulan Ramadhan tahun ini bisa kita jalani dengan baik, penuh berkah, reze…

Kenali Baik-baik Calon Pendampingmu

Memilih pendamping hidup memang bukan perkara gampang. Ya bisa jadi gampang kalau sekedar mencari, tapi untuk kita benar-benar mendapatkan yang terbaik, seringkali adalah hal yang sulit. Dulu sebelum saya menikah, saya berfikir bahwa jodoh itu perkara waktu, kalau sudah waktunya pasti ada jalan, dan akan mudah saja untuk ke pernikahan. 

Padahal pada prosesnya, kita perlu berusaha mengenal calon pendamping kita sebaik mungkin. Ada beberapa hal dalam ta'aruf saya waktu itu yang tak saya lakukan. Sebelum menikah, saya berfikir pernikahan tak serumit yang ternyata terjadi pada saya. Ternyata ujian pernikahan saya begitu berat. Katakanlah memang saya gak berjodoh dengan mantan suami, akhirnya pernikahan kami berjalan tak sampai setahun. 

Saya lebih suka bilang bahwa perceraian saya terjadi karena kami memang gak berjodoh lagi, dibanding saya harus cerita yang sebenarnya :) Banyak hal yang saya gak bisa ungkap kecuali pada orang-orang terdekat. Banyak sekali hikmah yang saya ambil dari ke…

Menerima Kekurangan Diri

Menerima kelebihan bisa jadi lebih mudah ya dibanding menerima kekurangan *yaiyalaaah*. Rasanya lebih mudah untuk bersyukur saat kita sadar akan segala kelebihan kita. Setiap kali ada yang memuji kelebihan kita, pasti kita berucap alhamdulillaah :) kecuali lagi lupa. Kelebihan yang kita punya lebih bisa membuat kita merasa senang, merasa beruntung, atau merasa percaya diri.

Diberi kelebihan sebenarnya adalah ujian untuk kita. Seberapa besar rasa syukur kita dengan adanya kelebihan-kelebihan itu. Apakah dengan ujian berupa kelebihan-kelebihan yang kita miliki itu, kita bisa tetap rendah hati, tak ada rasa berbangga diri yang berlebihan, atau merasa lebih dari orang lain yang kemudian membuat kita tinggi hati. 

Lalu gimana dengan kekurangan? Gak banyak orang yang bisa menerima kekurangan dengan baik. Mudah-mudahan kalian termasuk yang bisa menerima segala kekurangan diri dengan baik ya ;) aamiin. Kekurangan juga adalah hal yang wajib kita syukuri. Banyak hikmah dibalik setiap kekurangan d…

Sambal Menggelegar

Kemarin sepulangnya saya dari belanja ke supermarket, saya membeli ayam bakar manis untuk teman makan nasi. Pas saya makan di rumah, sambalnya bikin kageeet. Pedasnya bukan main deh. Kalau kata mamaku, pedas sambalnya menggelegar :p Padahal aku cuma ngambil sedikit, tapi itupun gak habis saking pedasnya. Akhirnya, sambal pedas menggelegar itupun saya buang deh. Lumayan juga, sisanya masih agak banyak.

Jadi, sambalnya itu benar-benar didominasi sama ulekan cabai rawit. Dari penampakannya pun udah keliatan, warnanya hijau, merah dan oranye gitu, warna cabai rawit deh pokoknya. Belum lagi biji-biji rawitnya yang banyaaak banget. Sebenarnya sih, sambalnya enak banget. Rasanya gurih, sesuai dengan kesukaan saya yang doyan makanan bercita rasa gurih, khas orang bandung :)

Tapiii karena pedasnya menggelegar, saya malah gak bisa nikmatin. Bukan cuma saya aja lho, tapi adik dan mama saya pun gak bisa menikmatinya. Semua gak ada yang kuat ngabisin sambalnya. Yo wes, dibuang kabeh. Mubazir jadinya…

Efek Negatif Gadget Pada Anak Kecil

Efek dari berkembangnya gadget saat ini, bukan hanya dirasakan pada orang dewasa aja lho. Tapi anak-anak, bahkan anak batita pun udah bisa keranjingan gadget :p Masalahnya, pada anak yang masih kecil seringkali efek negatif lebih mendominasi dibanding efek positifnya. Hal inilah yang terjadi sama Alia. Alia udah bisa memainkan game di handphone sejak usianya 2 tahunan.

Awalnya sih saya fikir gak apalah asalkan gak berlebihan, hanya sekedar untuk hiburan aja. Eh, lama-lama kesukaan Alia memainkan game di handphone membuatku terganggu. Bukan karena aktivitas gadgetku jadi terganggu sih, soalnya yang dipinjam Alia bukan handphone saya :p *saya gak installgame di handphone*, yang dipinjam Alia adalah handphone tantenya. 

Yang cukup membuat saya terganggu adalah, Alia kerap memainkan game di handphone dengan posisi agak tiduran, yang gak baik untuk kesehatan matanya, apalagi Alia juga memainkan handphone dengan jarak antara handphone ke mata cukup dekat. Inilah yang kerap membuat saya agak k…

Tiga Mimpi yang Akan Saya Wujudkan

Ngomong-ngomong tentang mimpi, seharusnya setiap orang punya yang namanya mimpi. Mimpi adalah sesuatu yang sangat kita inginkan atau idamkan. Mimpi sebenarnya punya kesamaan dengan cita-cita. Sama-sama merupakan keinginan dan harapan kita. Disebut mimpi, karena apa yang kita idamkan itu seolah seperti sesuatu yang gak mungkin untuk terjadi, sesuatu yang besar, atau sesuatu yang tinggiii untuk kita harapkan.

Namun mimpi seharusnya benar-benar disertai keinginan kuat untuk mewujudkannya. Kalau kita punya mimpi tapi kita hanya sekedar memiliki aja, gak benar-benar ingin mewujudkannya, maka ini seperti sebuah khayalan. Dan pada akhirnya, mimpi kita benar-benar hanya sebuah mimpi layaknya bunga tidur. 



Begitu pula dengan saya, saya punya mimpi. Bukan hanya satu, tapi saya punya tiga mimpi yang ingin dan berusaha saya wujudkan. Saya berharap dan berusaha agar ketiga mimpi saya ini bisa terwujud sebelum usia saya 40 tahun. Mimpi pertama mudah-mudahan terwujud di usia 35 tahun, mimpi kedua di u…

Buka Hati dan Pikiran (Menciptakan Gambaran Kebahagiaan)

Semua orang pastinya ingin bahagia. Yup, bahagia ! Ini yang bisa bikin hidupmu berasa indaaah terus, bersemangat dan merasa antusias saat melakukan sesuatu. Bahagia itu sederhana sebenarnya :) KLISE ya kalimat ini? Hihi..iya berapa kali coba kita pernah dengar kalimat ini. It's so easy to say, tapi pada praktiknya seringkali gak sesederhana itu. 

Tapi, kabar baiknya adalah..kita bisa benar-benar membuat bahagia itu sederhana :) Kamu hanya perlu membuka hati dan pikiranmu. Ubahlah definisi bahagiamu yang sulit menjadi sooo simple. Misalnya nih ya, kalau kamu berfikir bahagia itu saat kamu udah punya suami atau saat sudah punya anak, padahal saat ini kamu belum punya suami atau anak. Maka buka hati dan pikiranmu, di luar sana banyak banget orang hidup tanpa sanak saudara, dan mereka bisa menikmati hidup. Begitu juga kamu, tak perlu menunggu punya suami atau anak untuk bisa merasa bahagia secara utuh bukan.. 

Atau kamu merasa gak bahagia karena kesulitan materi? Hei, bahagia bukan hany…

Tertipu Penampilan

Pepatah don't judge a book by it's cover itu memang benar lho :) Saya pernah salah menilai seseorang, yang awalnya saya lebih menilai dari apa yang terlihat dari segi tampilan, namun ternyata penilaian saya itu salah besar. Penampilan itu bisa menipu, ia menipu mata kita, penilaian serta pandangan kita. 

Dulu saya pikir, orang yang secara tampilan benar-benar baik, pastilah ia memiliki sikap dan prilaku yang baik pula. Sampai akhirnya, pada satu waktu saya disadarkan akan hal ini. Dulu saya pernah mengenal seseorang yang saya nilai ia sebaik apa yang terlihat dari tampilannya, ternyata ia sangat jauh dari baik. Malah yang saya rasakan, orang lain yang tampilannya tak sebaik dirinya, malah sikap dan tingkah lakunya lebih baik.
Di sinilah saya merasa sangat tertegur, bahwa saya gak bisa lagi menilai seseorang hanya dari apa yang terlihat dari penampilan. Seseorang dengan penampilan yang sangat baik, belum tentu hatinya baik juga. Dan sebaliknya, orang yang penampilan kurang baik, …

Ingin Pintar Mengelola Waktu

Ngomong-ngomong masalah pengelolaan waktu nih, kadang saya merasa waktu 24 jam sehari itu kok rasanya kurang ya :p *ditimpuk sejuta dollar*. Setau saya kalau kita merasa waktu 24 jam sehari itu kurang, berarti yang salah bukan waktu *yaiyalah*, yang salah adalah kita sebagai pengguna waktu tersebut.

Beberapa waktu terakhir ini saya mulai kembali sibuk mengurus Shalihah SHOP yang sebelumnya agak jarang saya update contentnya, apalagi pas saya lagi ada kerjaan sebagai content writer, saat itu saya sibuk ngisi content fanspage punya klien, sementara fanspage Shalihah SHOP saya malah jarang diisi, hihi..maafkan. Nah, setelah kerjaan saya sebagai content writer habis kontraknya, saya kembali sibuk lagi di Shalihah SHOP deh :)

Selain ngurus Shalihah SHOP, saya juga rutin mengisi blog ini. Tapi belakangan ini saya gak sempat nulisin blog kedua saya, saya juga gak sempat bikin artikel untuk KEB :( Di luar kerjaan saya, masih banyak lagi sih aktivitas-aktivitas saya yang lain, mulai dari ngurus …

The Liebster Award : Dariku Untukmu

Wah, semalem saya dapat tongkat estafet The Liebster Award nih dari Mak Arifah Wulansari. Cukup surprise juga sih, karena sebelumnya saya belum pernah dapet award kaya gini :p Selain itu saya juga surprise karena Mak Arifah Wulansari yang ngasih award ini, hihi..saya jarang banget berkunjung ke rumah maya Mak Arie, tapi saya dipilih dapet tongkat estafet award ini :)

Awalnya saya pikir, emang perlu ya saya ikut-ikutan kaya gini? *ditimpuk sejuta dollar* hehe..becanda. Saya rasa gak ada salahnya saya ikutan meneruskan postingan The Liebster Award ini, seperti kata Mak Arie ini bisa jadi ajang silaturahmi sesama blogger. Jadiii, ayo deh ! 



Eh, tapi ada syaratnya nih buat ikut postingThe Liebster Award ini, ini dia :
1.  Post award ke blog kamu
2.  Ucapkan terima kasih kepada blogger yang memberimu award ini, juga sertakan back link ke blognya
3.  Share 11 hal mengenai dirimu sejujur-jujurnya
4.  Jawab 11 pertanyaan yang diberikan padamu sejujur-jujurnya juga
5.  Pilih 11 blogger untuk menerima…

Life is Never Flat, but I'M HAPPY :)

Life is never flat ! Ya, ini bener banget. Hidup gak pernah berjalan datar tanpa ada riak gelombang kehidupan, ada naik ada turun, ada lancar ada sulit, ada senang ada sedih, dan sebagainya. Begitu pula yang terjadi dalam hidup saya. Hari ini ada lagi hal yang bikin saya emosi, dan lagi-lagi datang dari seseorang yang saya sebenarnya sangat malas menanggapinya. 
Ini masih soal perempuan yang beberapa waktu lalu juga sempat saya ulas di blog. Tapi saya gak mau memperpanjang masalah. Saya menyudahi pembicaraan lebih dulu dengannya, tanpa menjawab pertanyaan dan kalimat-kalimatnya yang membuat saya sempat emosi. Di sinilah saya rasa silent is gold itu benar :)
Saya rasa tak semua perdebatan itu baik, apalagi berdebat yang pakai emosi. Kebanyakan dari perdebatan, yang terjadi kemudian adalah saling menyudutkan, saling merasa benar, dan saling emosi. Dan ini semua adalah energi negatif, yang saya yakin gak baik untuk saya. Tapi, mau gimana lagi..saya gak bisa menolak saat ia memang harus dat…

Belum Mau Belajar Angka dan Abjad

Dulu waktu jaman saya masih batita, usia setahunan saya udah hafal angka 1 sampai 10, abjad pun udah hafal. Ya, saya waktu kecil memang terbilang anak yang penurut lain dengan sekarang, mudah untuk diajari. Tapi, bukan berarti apa yang terjadi sama saya bakalan persis Alia alami. Like mother like son kadang-kadang gak berarti juga ya :p hihi. 

Alia usia 2 tahun 7 bulan belum terlalu mau diajari bahan-bahan pelajaran seperti mengenal angka dan abjad, dan saya gak mau memaksa atau terlalu mendorong anak untuk belajar di usianya saat ini. Bagi saya, belajar bukan paksaan. Apalagi mengingat usia Alia yang memang masih sangat kecil. Sempat sih, Alia mau diajari angka-angka dan abjad gitu, tapi lama-lama ia agak susah diajak belajar lagi. 







Tapi saya juga memang belum meluangkan waktu banyak untuk mengajari Alia, maklum lah saya di rumah sambil nyambi cari uang, jadi gak terlalu punya waktu banyak untuk bisa fokus ngajarin Alia. Berarti ini salah saya ya :( Pengennya sih usia Alia 3 tahunan ba…

Tingkah Polah Anak Kecil adalah Karunia

Melihat tingkah polah anak kecil itu sangat menyenangkan ya. Alia yang sekarang udah 2 tahun 7 bulan lagi senang-senangnya bergerak kesana-kemari dan bertingkah ini itu. Kadang saya suka heran sendiri, ini anak kok gak ada capeknyaaa ya. Kalau lagi becanda bener-bener susah berhenti, sebelum kita yang akhirnya capek dan meminta dia berhenti dengan setengah memaksa. 

Kadang tingkah anak yang benar-benar aktif membuat kita sebagai orangtua kerap merasa kewalahan ya. Apalagi polah anak seringkali gak kenal waktu, mau malem-malem ataupun siang hari saat seharusnya ia tidur siang, ia bisa dengan senangnya bercanda dan bermain. Merekapun belum bisa membaca situasi dengan baik, entah kita sedang capek, sibuk atau sedih sekalipun mereka ingin kita memperhatikan mereka.

Tapi, anak-anak selalu bisa bikin kita tertawa, mereka bisa bikin kita senyam-senyum sendiri memperhatikan tingkah mereka, bahkan bisa membuat kita terpingkal-pingkal menyaksikan aksi polos mereka yang lucu. Mereka tak pernah ber…

Film Kartun Kesukaan Alia, "Masha and The Bear"

Ada yang kenal sama gambar lucu di atas? hehe.. Ini tokoh kartun di film kartun Masha and The Bear. Ini kartun kesukaan Alia bangeeet :) dia seneng banget kalau liat Masha and The Bear. Awalnya sih aku pikir, ah..namanya anak-anak ya seneng aja liat kartun apalagi yang gambarnya lucu kaya Masha and The Bear. Tapi lama-lama karena Alia doyan banget nonton kartun ini, akhirnya saya jadi terpaksa ikutan nonton :p 

Ternyata kartun ini lucu bangeeet, saya jadi suka juga deh nemenin Alia nonton kartun ini *nyengir*. Kartun ini tayang dua kali sehari di salah satu stasiun tv swasta, pagi hari dan sore hari, dari senin sampai jum'at. Sayangnya hari sabtu dan minggu gak ada, dan sering banget diulang-ulang penayangannya. Kayanya sih stok seri di stasiun tv-nya emang gak banyak, makanya hari ini tayang seri itu, dua hari kemudian bisa ditayang lagi. Saya lama-lama hafal deh jalan ceritanya.

Masha and The Bear mengisahkan tentang anak kecil bernama Masha yang tinggal di tengah hutan, ia memili…

Keburukan dan Kebaikan

Semua orang pasti punya sisi dalam dirinya yang melemahkannya. Termasuk keburukan, ini adalah kelemahan dalam diri seseorang. Memang gak ada ya orang yang sempurna itu. Apalagi manusia-manusia jaman sekarang, semakin banyak kejahatan-kejahatan yang beraneka rupa, yang bikin kita miris dan bergidik mendengarnya. Eh, tapi saya lagi gak mau bahas soal kejahatan kok :) Saya mau bahas tentang keburukan.

Saat orang lain bersikap buruk terhadap kita, kita pasti punya kecenderungan untuk merasa sebal. Aneh malah kan, kalau ada orang yang diperlakukan buruk sama orang lain, dia malah suka :p Pastinya hati kecil kita merasa gak terima lah ya. Ini juga yang saya suka alami, dan sempat saya alami kemarin-kemarin. Saat orang lain bersikap gak baik sama saya, saya sempat merasa agak sebal jadinya sama orang itu. 

Tapi saya sadar perasaan saya yang seperti itu adalah energi negatif. Dan saya yakin energi negatif gak ada manfaatnya buat saya, yang ada malah bisa memberikan efek negatif untuk saya. Ini …

Akhirnya Empeng Itu Kubuang Juga

Sejak bayi Alia udah terbiasa memakai empeng. Ya, standar sih awalnya. Karena Alia sering rewel dan nangis yang agak susah buat saya nenanginnya, akhirnya saya coba kasih empeng. Dan ternyata..berhasil ! Kalau lagi rewel banget, dikasih empeng langsung anteng. Tapi bukan hanya sebagai penghilang rewel aja lho. Alia biasa pakai empeng kalau mau bobok. Jadi, kalau dikasih empeng gak lama kemudian anteng, diem, ngantuk, dan tertidur.

Sebenarnya, bayi pakai empeng itu gak baik ya. Kalau berlebihan tapi, hihi..membela diri :p Maka dari itu, sejak Alia masih bayi saya gak mau keseringan ngasih Alia empeng. Paling kalau pas lagi bener-bener rewel banget dan saya gak bisa nenangin, baru deh saya kasih empeng. Lama-lama, empengnya cuma dipakai pas mau bobok aja deh. Bukan hanya pas mau tidur malam hari aja, pas tidur siang juga sih.

Beberapa bulan lalu, saya sempet kepikiran kapan ya waktu yang tepat ngelepas empeng Alia dan gimana caranya. Secara Alia kan udah mau tiga tahun bulan September ini…

Kaya dengan Banyak Memberi Bukan dengan Banyak Memiliki

Kebanyakan orang berfikir bahwa orang kaya itu yang rumahnya mewah, mobilnya mewah, punya perusahaan besar. Atau juga mereka yang memiliki rumah banyak, mobil banyak, perusahaan banyak. Bisa juga, mereka yang memiliki harta untuk tujuh turunan :p deposito trilyunan, atau bahkan intan berlian puluhan kilogram, hihi.. Intinya, mereka yang punya harta kekayaan melimpah ruahlah yang dikatakan kaya. 

Iya, secara fisik memang benar. Orang yang punya banyak harta itu adalah orang yang kaya. Mereka kaya karena banyak memiliki harta benda. Namun, kekayaan yang abadi bukanlah kekayaan yang seperti itu. Karena sebanyak apapun harta benda yang kamu miliki, saat kamu meninggal kelak, tak satupun yang bisa kamu bawa. Semua harta benda hanya akan kamu miliki di dunia, bahkan bisa jadi manfaatnya pun hanya kamu nikmati di dunia aja.

Kaya dalam arti yang sesungguhnya adalah kaya hati. Kekayaan inilah yang kekal, karena manfaatnya akan kamu bawa terus meskipun kamu meninggal kelak. Orang yang kaya hati b…

Alia My Beautiful Thing

Alia seperti bintang, yang bersinar saat ada kegelapan menyelimuti ruang kehidupanku
Alia bagaikan matahari, yang memberikan kehangatan saat aku memulai hariku 
Alia laksana bulan, yang selalu nampak indah untuk kulihat 

Tak ada yang berlebihan saat aku harus mengungkapkan betapa berharganya dirimu
Karena kamu memang sungguh sangat berharga

I am truly deeply love you


The most beautiful thing in my life is to see you smiling, and even more beautiful is knowing that i am the reason behind it.

Terima kasih banyak Allah, telah menghadirkan Alia dalam hidupku ^_^
Kumohon satukanlah kami berdua selalu dalam kebaikan dan kasih sayang yang tulus satu sama lain, aamiin.

Perempuan Itu...

Hari ini Allah membukakan mata hati saya terhadap seorang perempuan yang saya mengira ia orang baik, ternyata gak sebaik yang saya kira. Saya kenal belum lama sih, baru beberapa bulan ini. Awal kenal, saya bersikap biasa aja. Ada sesuatu yang membuat saya gak ingin terlibat kontak terlalu dekat dengannya. Tapi, lama-lama saya mulai mencoba bersikap baik padanya, saya pikir buat apa saya bersu'udzan (berburuk sangka) sama orang yang saya gak benar-benar kenal.

Daripada bersu'udzan lebih baik berhusnudzan (berbaik sangka) kan :) Ya sudah, akhirnya saya baikin deh perempuan itu. Kami pernah sekali bertemu, dan pas ketemu saya menangkap sinyal negatif darinya. Awalnya saya sempat berfikir bahwa bisa jadi dia memang gak sebaik yang saya kira nih. Tapi, gak lama kemudian ketika dia kontak-kontak saya lagi, saya berubah menyambut baik kembali. Saya pikir, ah mungkin pendapat saya tentang dia salah, bisa jadi dia memang orang baik. 
Sampai akhirnya ada seseorang yang bilang sesuatu tent…

Umrah Sekaligus Keliling Eropa, Turki, Dubai, dan Aqso

Siapa coba yang gak pengen pergi melaksanakan ibadah umrah? Setiap umat muslim, pasti pengen banget bisa melaksanakan ibadah yang satu ini. Apalagi saat ini biro penyelenggara umrah gak hanya sekadar menawarkan perjalanan umrah aja, tapi lebih dari sekedar umrah. Umrah aja kita udah seneeeng banget, apalagi kalau dikasih penawaran lebih ya :) Salah satunya ditawarkan oleh Cheria Travel. 


Cheria Travel punya penawaran keren nih, ada travel umrah plus Turki, ada travel umrah plus Dubai, ada travel umrah plus Eropa, dan ada travel umrah plus Aqso. Jadi buat kamu-kamu yang mau umrah bisa sekalian keliling-keliling ke salah satu dari empat negara cantik tersebut. Atau buat kalian yang punya rencana liburan ke negara-negara itu, sekalian aja umrah. Jadi, sambil menyelam minum air, eh..sekali merengkuh dua tiga pulau terlampaui :p *ya itulah pokoknya* intinya kamu bisa mendapatkan sesuatu yang lebih. 
Tapi, melakukan perjalanan umrah plus wisata seperti itu kita harus cari travel umrah yang am…

Sering Turun, Naiknya Kadang-kadang

Rasanya susaaah banget pengen SELALU merasa dilihat Allah. Padahal saya tau dan sangat yakin bahwa Allah selalu melihat saya, sekalipun saya seringkali acuh. Allah selalu memperhatikan saya, tapi saya kerap lalai memperhatikannya. 

Selalu merasa dilihat oleh Allah, adalah bukti bahwa keimanan kita sudah tinggi. Karena jika kita selalu ngeh akan keberadaan Allah didekat kita, kita tentu akan selalu berusaha menjaga segala tingkah, perbuatan, lisan, hati, serta pikiran kita dari segala hal yang tak baik. Kita tentu lebih suka selalu berdzikir melafazkan nama-Nya ketimbang harus melakukan hal yang sia-sia, apalagi yang mendatangkan keburukan, seperti mengeluh, marah-marah, bergunjing, dll.

Ada kalanya saya merasa betul-betul Allah disamping saya, terutama saat saya sedang sangat membutuhkan-Nya. Saat saya sedang butuh pertolongan, buru-buru saya memanggil nama-Nya. Saya begitu rajin melakukan perintah-perintahnya, yang wajib maupun sunah. Saat saya sedang resah gelisah, saya lebih rajin be…

Kecil Menurutmu Belum Tentu Menurut Orang Lain

Kalau saya sih, lebih milih sedekah rutin meskipun gak banyak, dibanding sedekah banyak tapi gak rutin. Misalnya nih, daripada sedekah ratusan ribu setiap tahun, lebih baik sedekah rutin tiap bulan meskipun nilainya hanya beberapa puluh ribu aja. Alasannya, lebih ringan dilakukan dibanding harus mengeluarkan dalam jumlah banyak sekaligus. 

Saat bersedekah, kita kadang merasa gak pede dengan jumlah yang kita berikan. Padahal, uang yang kita anggap jumlahnya kecil, belum tentu menurut orang lain. Bagi orang yang sangat membutuhkan uang itu, maka nilainya menjadi besar. Maka jangan meremehkan jumlah sedekah yang kita berikan. Berapapun jumlahnya jika diiringi dengan niat baik, insya Allah akan berkah. Dan kita harus yakin bahwa Allah pasti membalas sedekah kita dengan balasan terbaik. 

Sedekah itu bukan masalah banyak atau sedikitnya. Tapi masalah niat baik kita untuk membantu orang lain. Meskipun demikian, sebaiknya orang bersedekah juga harus memperhatikan kesesuaian kemampuannya. Misal …

Gak Mau Ngutangin Ah, Kagok Nagihnya

Ya, itulah saya :) saya orang yang paling gak mau ngutangin, karena kagok nagihnya ! Saya paling risih kalau harus nagih-nagih, ini sebabnya saya gak bakat sama sekali jadi penjual kredit. Kalau orang tipe kaya saya jualan kredit, kayanya bakalan macet tuh modal gak muter-muter karena pelanggan pada gak bayar. Sedangkan orang yang berhutang pun seringkali memang harus diingatkan, bisa jadi mereka lupa.

Makanya saya gak pernah nyimpen uang banyak di dompet, biasanya saya simpen secukupnya aja sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang mau berhutang sama saya, duitnya pun memang ga ada di dompet saya. Alhamdulillaah sih selama ini gak pernah ada yang berhutang dalam jumlah besar, sampai jutaan gitu. Lagian saya juga bukan orang yang banyak duit kok, hehe.. 

Sebenarnya, berhutang dalam Islam itu diperbolehkan. Begitu pula sebaliknya, jika kita memberikan hutangan sama orang lain ya boleh aja. Tapi, kita sebagai orang yang mempunyai piutang, sebenarnya punya kewajiban untuk men…

Bersyukur Karena Gak Berlebihan

Saat kita diberi kelebihan materi, sebenarnya ada tantangan yang jauh lebih besar dibanding orang yang tak diberi kelebihan materi. Tantangan tersebut adalah menahan nafsu atau menahan diri. Bagaimana orang yang diberi kelebihan harta tersebut bisa menggunakan hartanya tanpa ada unsur mubadzir di dalamnya. Kenyataannya tak sedikit orang yang diberi kelebihan harta, kemudian mereka menggunakan hartanya secara berlebihan. 

Banyak barang-barang yang mereka beli di luar batas wajar, dengan harga yang juga di luar batas logika. Padahal jika saja uang yang digunakan untuk membeli barang-barang berlebih itu dialokasikan untuk hal-hal yang sifatnya sosial pastinya jauh lebih baik, lebih bermanfaat, dan berkah. Di luar sana banyak sekali orang-orang yang membutuhkan uluran tangan para orang kaya yang dermawan. 

Memang tak mudah untuk kita bisa menahan diri, menahan nafsu kita dari keinginan-keinginan yang berlebihan. Tak banyak jumlahnya, orang yang diberi kelebihan harta namun mereka sangat ama…

Lebih Enak Tanpa BB

Awalnya, saya seneng pakai Blackberry (BB), karena saya jadi lebih up to date sama sosial media. Karena notifikasi facebook atau twitter kangsung masuk ke BB. Bahkan kalau lagi rame, beberapa menit sekali bisa bunyi bolak-balik :p Seringkali juga, saya langsung cek semua notifikasi yang masuk. Akhirnya, saya jadi lebih addict sama BB.  
Tapi, sejak kurang lebih dua bulanan yang lalu BB lama saya rusak. Nah, pas BB saya rusak ini, otomatis saya merasa kesepian awalnya *lebay*. Jadi gak ada bunyi notifikasi bolak-balik lagi. Jadi gak terlalu addict sama hape lagi. Saya bisa lebih anteng melakukan hal-hal lain, termasuk saat harus nemenin Alia. Saya ngerasa lebih fokus, gak sambil pegang hape melulu. 
Eh, lama-lama kok saya merasa enak ya tanpa BB. Bukan berarti gak up to date lagi sama sosial media lho ya. Saya tetep buka sosial media setiap harinya. Tapi saya buka lewat netbook. Dan netbook gak mungkin saya buka setiap saat, lain halnya dengan BB yang jauh lebih fleksibel, sampai saya bi…

Harus Mengurangi Makan Mie Instant

Kira-kira ada gak yah, orang yang gak suka sama Mie Instant ? Ada, tapi langka ! Hehe. Serius, saya belum nemu nih, orang yang saya kenal dan dia gak suka sama Mie Instant. Rata-rata ya doyan, malah ada yang menjadikannya makanan sehari-hari, terutama kalau pas lagi males makan berat, pas lagi tiba-tiba laper, atau pas lagi ujan-ujan pengen ngemil *mmmh*. Dan Mie Instant ini disukai sama semua umur dan semua kalangan. Dari mulai anak-anak sampai kakek nenek suka. Dari mulai pedagang asongan sampai bos besar doyan. 

Dulu, jaman saya pernah kerja sebagai sekretaris, dimana bos saya adalah orang yang duitnya berlebih -ibaratnya nih, beliau mau pesen makan dari restoran mahal pun sanggup banget- eh, tetep doyan lho sama Mie Instant, malah beliau kerap minta dibuatin Mie Instant untuk makan siang.  

Dulu, waktu saya masih sekolah, pernah ngalamin sering banget makan Mie Instant, hampir tiap hari Mie Instant dijadiin menu sarapan. Abisnya, enak sih. Sarapan yang lain suka males, nah..kalau sa…

Banyak Minum Air Putih Ternyata Beneran Penting !

Kayanya sebagian besar orang pastinya tau ya, kalau banyak minum air putih itu penting. Setidaknya, kita harus minum air putih 2 sampai 3 liter per harinya. Tapi, ini banyak dianggap sepele oleh sebagian orang, termasuk saya (beberapa waktu lalu) :p 

Kita suka menganggap remeh urusan minum air putih dalam jumlah yang cukup, padahal kalau udah sakit gara-gara kurang minum air putih kita bisa MENYESAL banget. Iya lah, lha wong air putih gak susah dapetnya kok, ada di dapur, di lemari es, di ruang makan, mau kemana-mana juga kita gak susah kan dapet air putih. Air putih juga harganya gak mahal toh, apalagi kalau airnya pakai air sumur, berarti gratis dong :) Eh, paling ada biaya bahan bakar untuk masaknya ya..

Sebenernya, dulu aku sempet rajin minum air putih dalam jumlah banyak. Tapi, pas jaman aku kerja kantoran, kok susah ya mau minum air putih banyak. Soalnya kalau minum air putih banyak otomatis frekuensi aku buang air kecil jadi lebih sering. Masalahnya kalau udah sibuk sama kerjaan,…

Ghibah dan Fitnah

Tulisan ini terinpirasi dari kasus pasangan artis yang 'katanya' akan bercerai *semoga gak jadi*. Kaget sebenarnya saat kita mendengar berita yang terdengar negatif ini. Berbagai pertanyaan dan penilaian langsung menari-nari di fikiran kita. Kita yang sebenarnya gak tau apa-apa jadi ikut sibuk memperbincangkan, terbukti..di timeline sosial media, kasus ini beberapa kali diulas oleh para pengguna sosial media. 
Kita jadi ikut mengomentari, ikut membahas, dan mau tauuu aja alasan sebenarnya dibalik permasalahan mereka, alias KEPO. Kok bisa ya, salah apa suaminya, kok istrinya gugat cerai ya, ah ada yang selingkuh kali.. pokoknya berbagai spekulasi negatif kita buat-buat sendiri. Gak jarang juga, kita malah ikut-ikutan sok tau menilai mereka. Padahal jangankan tau, kita kenal aja gak sama mereka. 
Sering gak kaya gitu? :p Kalau dipikir-pikir..ngapain juga ya kita ikut repot sama masalah orang lain dan ikut-ikutan menilai begini begitu. Padahal penilaian kita itu belum tentu benar. …