Skip to main content

Semangat di Pagi Hari dengan Mandi Subuh

Sumber gambar dari sini 

Sejak hampir tiga tahun yang lalu, saya terbiasa mandi di waktu Subuh / sebelum masuk waktu Subuh. Alhamdulillaah sampai sekarang kebiasaan ini masih berlangsung, seolah udah jadi rutinitas yang kalau saya gak lakuin bawaannya malah gak enak. Sebelumnya sih sekalipun saya bangun Subuh, biasanya abis shalat Subuh kadang saya suka tidur lagi :p *kebiasaan gak bagus sih sebenarnya*. 

Tau gak kenapa gak bagus? Karena pagi hari itu waktu turunnya banyak berkah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Ya Allah, berkahilah bagi ummatku pada pagi harinya", dan hadist ini shahih. Jadi sayang banget kan, kalau pagi hari kita isi hanya dengan tidur. Lebih baik diisi dengan aktivitas yang bermanfaat :) Insya Allah semakin banyak berkah yang kita dapat. 

Tapi emang sih ya, bawaannya abis Subuh itu memang suka ngantuuuk banget, apalagi kalau lagi bulan Ramadhan abis sahur pengennya bobok aja gitu :p *godaan syaitan ini. Nah, salah satu hal yang bisa bikin kamu tetap terjaga sehabis shalat Subuh adalah mandi sebelum shalat Subuh. Apalagi kalau mandinya plus cuci rambut, wiiih dijamin seger banget deh kepala disiram air dingin. Air dingin?? Iya dear, air dingin ya gak pakai air hangat. Karena faktanya mandi di pagi hari dengan air dingin itu lebih sehat dibanding mandi pakai air hangat. 

Kebiasaan mandi sebelum Subuh ini berlangsung tepatnya sejak saya punya anak. Rasanya lebih enak aja kalau saya mengurus bayi dalam keadaan udah bersih dan cantik *ehemm*. Selain itu mandi sebelum shalat Subuh lebih nyaman saat shalat Subuhnya. Shalat Subuh dalam kondisi bersih dan wangi tentunya lebih enak dong dibanding shalat dalam kondisi bau kasur, hihi.. 

Eh, lama-lama kebiasaan ini membuat saya ketagihan, karena ngerasa nyaman dan lebih enak dengan kebiasaan mandi sebelum shalat Subuh. Aktivitas pagi hari jadi lebih semangat dan segar. Apalagi kalau dilanjut dengan pakai baju rapi dan dandan cantik, pastinya bikin kamu gak balik lagi ke kasur buat tidur di pagi hari dong ya :) Gimana, kamu mau coba? 

Comments

  1. Mak, klo mandi basah rambut pake air dingin nggak sakit kepala ya? Apalagi sebelum subuh, kan dingin mak... Saya gitu soalnya... :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok mak kalau udah terbiasa malah seger :) mak coba bertahap aja, awalnya mandi jam 6, maju ke 1/2 6, maju lagi ke jam 5, sampai akhirnya bisa mandi Shubuh. Airnya juga bertahap, awalnya pakai air hangat, makin ke sini hangatnya dikurangi lama-lama jadi pakai air dingin deh, hehe.. Ayo coba mak..

      Delete
    2. Saya dari kecil gitu mak, sakit kepala tiap keramas. Apalagi keramas di subuh yang dingin, dengan air dingin. Apa gangguan kesehatan ya? :/
      Makasih tipsnya mak, nanti saya coba.. Btw, pasti sekarang udah mandi ya? hihihi

      Delete
    3. Mudah-mudahan kalau dicoba bertahap gak sakit kepala lagi mak :) Wih, udah dong tadi mandinya jam 4, sekarang udah cantik nih, hihi..

      Delete
  2. Ehm...jadi malu bacanya mbak,. karena saya setiap hari bangun siang. Krn masuk kerjanya juga dapet shift siang.... jadi bablas deh... #alasan, hihiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh mbak bangun dan mandi pagi rutin selama seminggu aja dulu, terus bandingin lebih enak, lebih sehat dan lebih seger mana sama bangun dan mandi siang? :) Yang saya rasain, bangun dan mandi Shubuh itu jauh lebih enak dan sehat soalnya mbak..

      Delete
  3. saya juga begitu mak, sy biasa bangun jam tiga pagi, mengerjakan pekerjaan rumah tangga sampai bikin sarapan dan jam setengah lima mandi, solat subuh, dandan, dan siap berangkat kerja. bangun pagi lebih menyehatkan dan tidur tak terlalu malam, krn tidur terlalu malam juga gak sehat buat tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, top mak :) sehat beneeer.. Tapi saya masih suka begadang :p ada kerjaan yang sering gak kelar dikerjain siang hari, akhirnya saya kerjain sampai malam, heuuu..

      Delete
  4. mandi sebelum subuh tiap hari?wahhh emak hebat,saya mah jarang2 ga tiap hari *kedip kedip*,tpi hrs dibiasain nih kaya'y,biar jdi cantik n sehat,apalagi mak tira juga menguatkn ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak setiap hariii, lagi haid juga tetep mandi Shubuh :) kalau udah jadi kebiasaan gak enak kalau gak dilakuin..

      Delete
  5. klo saya lagi di jakarta bisa neeh mak, tapi pasa saya pulkam (ke Tasikmalaya), beeuuuhhh duiinggiinn buanggett mak hhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cimahi sama Tasik dingin mana ya mak? sama kali ya ;) wah mandi di Jakarta buat saya berasa gak seger, udahnya keringetan lagi, hihi..

      Delete
  6. hihi *tutup muka* saya jarang mak,kalo hawa lagi panas bener wajib mandi sebelum shalat subuh hehehe....hari2 paling mentok jam 6 baru mandi,seger banget emang,,beda kl pagi g mandi,bikin males hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mak bedanya, kalau mandi Shubuh malesnya ilang :) jadi enak buat dibawa aktivitas pagi hari..

      Delete
  7. Aku dari kecil biasa mandi sebelum subuh soalnya kan mau berangkat sekolah, ahahaha.
    Kalau sekarang udah gede kadang mandi sebelum/sesudah subuh liat keadaan enaknya geman.
    Salam kenal mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, berarti Mak Enny harus sekolah terus nih supaya mandi sebelum Shubuh terus :p
      Salam kenal juga ya mak :)

      Delete
  8. kalo saya setelah beres kerjaan mak mandinya..soalnya suka keringatan lagi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keringetan banget (kaya waktu saya di Cilegon) biasanya saya ganti baju aja mak. Lagian keringetan udah mandi mah beda mak, gak bau kok :p hii..

      Delete
  9. Sejak udah gak sekolah, jadi nggak pernah mandi subuh. Kebalap mulu sama matahari nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, ayo dong mak jangan kalah sama matahari :)

      Delete
  10. Ya Allah jam 4 Mak mandinya?? Saya baru bangun jam 5 hehe.. :)
    Emang sih, mandi pagi pake air dingin itu seger banget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sueger banget mak, enak buat dibawa beraktivitas pagi hari dan ngilangin ngantuk :)

      Delete
  11. Saya juga pernah nyobain Mak...
    Tapi gak bertahan lama, soalnya suka jadi ribet harus ngeringin rambut dulu sebelum hijab-an ke kantor...
    Saya dapat 'ilmu'nya dari papa saya...
    Memang bikin seger dan sehat meski dingin,...apalagi kalo hari habis hujan...brrrr...
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan pake hairdryer mak :p palingan cuma 15 menit :) aku gitu soalnya, abis keramas pake hairdryer terus jilbaban. Iya mak sehat..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…