Skip to main content

Serba-serbi dan Tips Berkacamata

Sumber gambar dari sini


Gak kerasa, udah 15 tahun pake kacamata. Wih, udah lama juga ye.. Gak nonstop selama 15 tahun ini pake kacamata terus sih, pernah juga beberapa tahun pakai lensa kontak. Tapi berakhir dengan pengalaman gak enak waktu pakai lensa kontak, jadilah saya kembali pakai kacamata. Ternyata pakai kacamata emang lebih baik :)

Waktu pertama kali saya periksa mata, dan kemudian saya divonis rabun jauh, petugas optiknya bilang kalau kacamata usahain dipakai terus *jangan angin-anginan pakainya*, supaya minusnya gak nambah. Malah, katanya kalau minusnya masih kecil (antara 0,5 - 1,5) kalau kacamatanya dipakai terus minusnya bisa berkurang. Waktu pertama saya periksa mata, minusnya udah 1,5.

Jadi, saya pakai deh kacamata sepanjang hari. Palingan dibuka kalau mau ke kamar mandi, mau shalat, sama mau tidur aja. Tapi lama-lama saya suka bandel, misalnya : nonton tv gak pakai kacamata, baca gak pakai kacamata, hihi..padahal ini bikin minus mata semakin cepat bertambah lho. Sekarang minus mata saya udah sampai 3,5 untuk mata kanan dan 4 untuk mata kiri, ditambah yang kanan ada silindernya juga 0,5.

Dulu waktu awal-awal pakai kacamata, mama sempat rajin ngasih saya air parutan wortel. Tapi gak terlalu ada efeknya untuk minus mata :p Ya, bisa jadi mata saya lebih sehat, tapi gak bisa ngilangin minus juga, hehe. Jadi gak diterusin lagi deh minum air parutan wortelnya, soalnya saya juga agak gak doyan. 

Berikut tips saya untuk para pengguna kacamata minus :

1.  Pilihlah frame (bingkai) kacamata yang sesuai dengan bentuk wajahmu, yang bisa membuat wajah kamu jadi lebih proporsional saat menggunakan kacamata. 
2.  Pilih frame yang benar-benar nyaman dipakai, karena kacamata akan kamu pakai seharian. Pastikan untuk mencoba memakainya selama beberapa menit saat kita membelinya di optik. 
3.  Pilih lensa kacamata yang terbuat dari plastik supaya lebih ringan dipakai. Lensa berbahan plastik juga gak akan pecah, jadi lebih aman. Tapi, perawatannya memang mengharuskan kamu lebih apik, karena lensa plastik agak mudah menimbulkan bekas goresan dibanding lensa berbahan kaca. 
4.  Bersihkan kacamatamu setiap hari sebelum kamu menggunakannya. Bersihkan dengan menggunakan lap khusus untuk kacamata, dan bersihkan bagian lensanya serta bingkainya. Cucilah lap pembersih kacamata secara berkala.
5.  Simpanlah kacamata di tempat khusus kacamata jika kamu sedang tak menggunakannya.
6.  Pakailah kacamata secara konsisten agar minus tak mudah bertambah besar.
7.  Perlakukan kacamatamu dengan baik :) jangan menaruhnya sembarangan (khawatir lupa) dan jangan mengelap lensa dengan selain lap khusus pembersih kacamata agar lensa lebih awet. 

Comments

  1. Aku berkacamata, tapi angin-anginan mbak..kadang malas memakainya, karena gak terbiasa pake, paling pas lagi didepan kompi aja baru deh tuh di pake.hehehe. Padahal, yg mata kanan silinder 2 #curcol.. Btw, makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resikonya minus matanya jadi mudah bertambah mbak, kalau gak rajin pake :p Belum nemu kacamata yg cocok kali Mbak Eka :) pakai kacamata juga tetep kece kok mbak kalau framenya cucok..

      Delete
  2. Saya harus bersyukur karena dianugerahi mata yang sehat, karena sepertinya pakai kacamata itu ribet bingit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, alhamdulillaah banget mbak kalau matanya sehat :) memang ribet lah kalau dibanding yg gak pakai kacamata mah.. hehe

      Delete
    2. Alhamdulillah saya punya mata yg sehat Mbak... semoga jangan sampai pake kacamata, kalau kacamata gaya bolehlah. Hihi.... pake lensa kontak itu apa sama kayak lensa yg bikin mata jadi ijo, cokelat, biru itu ya Mbak?

      Delete
    3. Alhamdulillaah :) ga repot harus beli dan pakai kacamata :p
      Iya mbak, sama.. itu namanya lensa kontak / soft lense. Lensa kontak ada yang bening (gak berwarna) ada juga yang berwarna/warna-warni gitu kaya artis2 pada pake tuh, hehe.. Ada dua macem juga, yang minus/plus, dan ada juga yang tanpa minus/plus jadi buat gaya ajah..

      Delete
  3. Alhamdulillah mata saya juga gak minus, tapi suka gaya-gayaan pingin pake kacamata hehehe... dipake pas naik sepeda motor juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, lagian selain untuk gaya, pake kacamata pas naik motor kan berguna utk melindungi mata mak :)

      Delete
  4. Artikel yang menarik hehe :)

    ReplyDelete
  5. Pas pake softlense, iritasi ya, Mba? Kalau saya gatal2.

    Sering njambal brambag, Mba. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lumayan parah iritasinya :( sampai harus dibeset gitu kelopak matanya, jadi kapok deh pake soft lense..

      Delete
  6. Saya males make kacamata, mak. Padahal silinder dan minus. Soalnya dulu pernah pake kacamata tapi fokus lensanya jelek, jadi malah pusing pake kacamata. Sampe sekarang nggak pernah ngecek lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kacamata yang lensanya bagus mak, insya Allah gak bikin pusing kok. Apalagi kalau framenya juga enak dipake plus kacamatanya kece, hehe..jadi tambah oke dong :p Ayo cek lagi matanya mak..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…