Skip to main content

Sembuh Tanpa Obat (Bag. 2)

Melanjutkan postingan kemarin tentang Alia yang sembuh tanpa obat.

Saya pribadi memang gak suka mengkonsumsi obat kecuali terpaksa :p Jadi kalau saya sakit demam, pilek, sakit kepala, masuk angin, atau mencret sekalipun sebisa mungkin saya gak mengkonsumsi obat. Hal ini pula saya lakukan pada Alia. Saat Alia sakit, sebisa mungkin saya rawat Alia tanpa harus memberinya obat, dan alhamdulillaah selama ini Alia sakit demam, masuk angin, pilek atau batuk, ia bisa sembuh tanpa obat. Semua karunia Allah tentunya. 

Nah, terakhir Alia kena batuk, alhamdulillaahnya gak parah. Hal-hal yang saya lakukan untuk membantu kesembuhan Alia adalah :

#  Rajin memberinya minum air putih hangat.
Awalnya Alia suka nolak saat saya kasih minum, tapi lama kelamaan dia mau juga setiap saya minta untuk minum. Gak sekaligus banyak sih, 1 sampai 3 teguk aja tapi sering (5 - 10 menit sekali). Terutama setiap Alia batuk, saya langsung memberinya minum agar dahaknya mencair. Usahakan airnya hangat, karena air hangat bagus untuk mencairkan dahak.

#  Minum Madu
Madu bagus banget diminum saat anak sedang sakit. Bukan hanya saat batuk, saat demam, pilek dan masuk angin juga bagus. Saya kasih Alia madu khusus buat anak-anak. Jadi komposisinya pas buat anak-anak. Kalau Alia lagi gak sakit, saya kasih satu sendok teh perhari. Tapi saat batuk kemarin saya kasih dua sampai tiga sendok teh perhari, diminum pagi, siang dan sore / malam.

#  Diolesi Minyak Kayu Putih
Alia sempat beberapa kali muntah. Gak banyak tapi muntahnya, karena Alia kalau mau muntah suka ditahan  -_-  Aku pikir perutnya kembung, makanya aku rajin olesin minyak kayu putih. di dada, perut, pinggang, punggung, dan leher Alia. Alhamdulillaah setelah seharian rajin ngolesin badan Alia pakai minyak kayu putih, besoknya udah baikan sakit kembungnya. Saya pakai minyak kayu putih cap G*jah, soalnya menurut saya ini yang paling manjur.

#  Diolesi V*cks V*porub
Ini bermanfaat banget buat meringankan batuknya. Saya olesi di leher, dada, dan punggung Alia. Terutama kalau mau tidur, supaya gak sampai batuk-batuk pas lagi tidur. Malah kadang malam-malam Alia lagi tidur saya suka olesi juga. Saya agak telat tau soal V*cks ini. Saya baru tau beberapa hari setelah Alia batuk, tepatnya di hari ke 5. Biasanya Alia malam masih suka batuk, tapi setelah diolesi V*cks Alia gak batuk lagi di malam hari. 

#  Menjaga makanan dan minuman
Saat batuk, cukup banyak makanan dan minuman yang dipantang. Seperti, makanan dan minuman dingin (dari kulkas), coklat, kerupuk, gorengan, keripik, snack berbumbu, makanan yang terlalu asin, dan makanan yang terlalu keras. Padahal beberapa diantaranya adalah makanan kesukaan Alia, seperti coklat, kerupuk dan gorengan bakwan. 

Selain hal-hal tersebut, masih ada juga hal-hal lain yang harus kita jaga, seperti gak boleh terlalu kena angin, debu atau air mandi yang terlalu dingin. Sebisa mungkin hindari anak dari tempat yang kotor agar batuknya gak semakin parah -jika terkena virus lain-. Daaan yang paling penting adalah, saat anak sakit berilah ia perhatian ekstra yang membuatnya nyaman, karena inilah yang paling ia butuhkan :) 

Comments

  1. Setuju mak, saya juga menerapkan hal2 kaya gitu sama anak2. Menghindari obat2an selama sakitnya masih ringan. Salam toel buat Alia :)

    ReplyDelete
  2. vicks sy jg pakai. minyak ky putih jg, kdg minyak telon juga. kdg kl pilek sy kasih parutan bwg merah campur minyak telon dikit. cm kl obat saya msh pake. hebat ini mbak arifah, feeling seorang ibu ya mbak. tfs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tanpa obat mak kalau sakit ringan :) asal kita harus extra telaten aja mak..

      Delete
  3. terimakasih mbak tipsnya, kebetulan kalki juga lagi batuk-pilek... tapi udah dibawa ke dokter anak karena kena sakit mata juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan Kalki cepet sehat lagi ya mak :)

      Delete
  4. Kalau batuk, saya biasanya menggunakan bawnag merah yang diparut kemudian diperas ambil airnya kemudian dicampur madu Mbak, alhamdulillah dua hari dah baikan.

    Salam dari Ika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang mah bau mbak, saya khawatir anak saya muntah dikasih itu :p
      Salam balik yaaa :)

      Delete
  5. Alhamdulillah, ternyata Alia sembuh. Sebetulnya ada beberapa hal yang perlu diwaspadai anak-anak yang sakit batuk:
    1) Bila batuk ini selalu disertai demam, maka sebaiknya anak ini diperiksa lebih lanjut oleh dokter. Bahaya yang bisa menimpa anak dengan demam adalah kejang demam, dan kejang ini bisa merusak selaput otaknya dan menimbulkan cacat permanen (misalnya tuna grahita).
    2) Bila batuk berdahak dan dahak ini terus-menerus menguasai tenggorokannya, maka anak bisa sulit bernafas. Oleh karena itu dokter perlu mengamatinya untuk memutuskan apakah anak perlu diuap atau bisa diobati sendiri di rumah.
    3) Yang lebih penting adalah mencari penyebab kenapa anak sampai batuk. Jika penyebab batuk adalah alergi terhadap debu, atau terlalu sensitif terhadap hawa dingin, maka ini akan mempengaruhi kualitas hidupnya ketika besar nanti. Jika kita menemukan penyebab batuknya ternyata adalah dipicu hal-hal tertentu di sekitar lingkungannya, maka anak perlu diadaptasikan agar alerginya tidak sampai menghalangi perkembangan dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, alhamdulillaah :) Iya saya pakai feeling mbak, kalau memang mengkhawatirkan ya ke dokter.. Makasih banyak lho penjelasannya, bermanfaat..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…