Skip to main content

Tips Buat yang Rajin Cuci Muka

Sumber gambar dari sini

Kulit wajah saya termasuk yang berminyak. Apalagi kalau beberapa jam pakai make up, rasanya lengket. Padahal make up saya cuma pelembab dan bedak tabur aja, tapi tetap lho rasanya lengket kalau kelamaan nempel di wajah. Makanya saya gak betah pakai make up lama-lama. Kalau waktu Subuh saya udah mulai pake make up, biasanya siang hari (waktu Zuhur) saya udah bersihin muka dari make up

Dalam sehari saya tiga kali bersihin muka pakai pembersih muka. Pertama, saat mandi di waktu Subuh. Kedua, saat siang hari di waktu Zuhur. Ketiga, saat menjelang malam hari, biasanya sebelum waktu Isya. Soalnya saya risih kalau kulit wajah berasa lengket dan berminyak gitu. Nah, untuk menyiasatinya ya rajin bersihin muka deh.

Rajin bersihin muka itu bagus lho untuk kesehatan kulit wajah kita. Apalagi kalau kulit kita memang berminyak dan cenderung berjerawat. Tapi kalau kulit kamu kering atau normal, rasanya cukup dua kali aja deh bersihin mukanya. Soalnya kulit wajah kering gak terlalu mudah kotor seperti kulit wajah berminyak. 

Oya, selain berminyak dan sesekali muncul jerawat, kulit wajah saya juga mudah terkena komedo. Duh, gak banget ya kalau kulit wajah kita sampai banyak komedonya. Saya suka sampai beli plester buat komedo kalau pas lagi kesel karena liat komedo di hidung. Gak terlalu keliatan sih sebenarnya, cuma ya itu, saya risih banget liatnya :p hihi. Ini juga yang menjadi pendorong saya untuk rajin bersihin muka, supaya gak muncul komedo-komedo di kulit wajah.

Nah, sekarang tips nih ya, buat kamu yang mau sering cuci muka kaya saya. Supaya wajah lebih bersih dan segar, tapi gak sampai kering gara-gara sering bersihin muka. 

Pertama, kamu pilih pembersih muka yang formulanya lembut. Malah sebaiknya pilih yang gak mengandung sabun (non soap). Jangan pilih yang ada scrubnya, sebab ini bisa bikin kulit kamu kering (terutama buat yang kulitnya sensitif). 

Kedua, kamu bisa pakai pembersih dua langkah saat membersihkan muka di malam hari. Pembersih muka dua langkah terdiri dari cleanser dan toner. Pembersih dua langkah, biasanya selain membersihkan juga bisa memberi rasa lembap. Tapi kalau buat saya, pembersih yang menggunakan air lebih maksimal dalam membersihkan. Jadi, pembersih dua langkah lebih baik di pakai di malam hari aja.

Tips terakhir, di malam hari pakailah pelembab yang kamu pakai semalaman. Gak perlu yang khusus night cream kok. Kamu bisa pakai baby cream / lotion atau minyak zaitun. Ini berguna agar kulit kamu yang sering terkena pembersih bisa tetap terjaga kelembapannya. Tapi jangan banyak-banyak pakainya ya, terutama buat yang kulitnya berminyak, cukup olesi tipis-tipis sampai terasa agak licin. 

Jadi, rajin bersihin muka, siapa takuuut!? :D

Comments

  1. Wajahku termasuk memiliki kulit sensitif dan cenderung kering... Namun aku selalu membersihkan wajah dengan pembersih wajah namun tidak memakai toner.. Karena kulit wajahku agak tak cocok bila menggunakan toner...terasa perih dan menjadi lebih kering... Aku juga memakai pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah.. Btw, makasih telah berbagai info yang sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kalau yang kulitnya kering tonernya gak usah dipake, bisa diganti dengan dibilas pakai air mak. Eh, atau belum nemu merek yang cocok kali mak, yg gak bikin perih dan kering.

      Delete
  2. Aku suka kelupaan nih buat cuci muka sebelum tidur, Padahal mukaku cednerung kering (eh tapi kok bisa ada komedo di hidung, ya?) :D Makasih udah diinegtin,mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mak, jadi ada titik-titik hitam kecil gitu di kulit hidung. Gak terlalu keliatan sih, tapi akunya risih kalau ada komedo gitu :p Kalau yang kulitnya kering mungkin gak terlalu ada komedo kali ya..

      Delete
  3. kalau aku cuci muka cuma 2x sehari kalau kebanyakan bisa kering maklum sekarang lg purwokerto gak panas bgt jadi wajah cenderung normal.
    Kalau di surabaya wajahku bisa berminyak banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, apalagi aku nih, di Cimahi yang adem gini aja berminyak. Kalau di daerah panas kayanya bakalan kinclong banget deh :p

      Delete
  4. Rajin juga ya Mbak Aida... makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  5. saya pake pembersihnya yang foam mak..biar praktis sambil ke kamar mandi..bener ga enak kalo minyakan gitu mukanya..apalagi saya gampag jerawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mak, yang foam juga lebih segar karena pakai air :)

      Delete
  6. Kalo aku mak gak bisa pake cleansing sama toner... malah bikin jerawatan so paje sabun cuci muka aja... dan kebetulan aku lagi hamil penggunaanya dikurangi aku pake garnier katanya sih aman... dan kulirku kebetulan normal :) oiya salam kenal ... mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak ya kalau normal, gak seribet yang berminyak kaya aku :p
      Salam kenal maaak :)

      Delete
  7. Jenis kulit berminyak memang srring bermasalahya mbak. Saya jga dululangganan jerawat. Sekarang masih tapi ngga separah dulusih...hehe. makasihtipsnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, makanya harus rajin ngerawat kulit muka :)

      Delete
  8. rajin bingit Mbak bersihin muka sampe tiga kali? :), salut untuk kekonsistenannya. Kalau untuk bersihin komedo saya biasanya maskeran seminggu sekali pakai putih telur Mbak, dikocok dulu sampe berbusa gitu, terus di oles dimuka, nah habis itu rendem kapas, buka tipis2 gitu trus ditempel dibagian yang pengen diilangin komedonya biasanya di sekitaran hidung ya, tunggu ampe kapasnya kering, kira2 sejaman, lebih bagus dari plester komedo menurut saya, dan alami... cobain Mbak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah, sayang telurnya :p hihi. Males mbak, ribet ah, amis pula. Ini udah berhasil kok mbak hilangin komedo dengan rajin bersihin muka gini :) Tp makasih ya tipsnya..

      Delete
  9. Mbaaaa...
    Rajin sekali sih dirimu ini cuci mukanya sampe 3 kali begituuu...
    kalo aku mah sekali aja waktu mau tidur lhoooo...

    biasanya pake pembersih yang 2 function itu lho mbaaa...
    Trus udahannyapake night cream deh...udah lewat 30 soalnyaaa...
    Udah mulai harus diperhatiin :)

    Nah si komedo ini nih yang rese...udah dimusnahkan tapi kok muncul-muncul terus siiih...hih...ya sudahlah pasrah aja..hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dua fungsi, maksudnya 2 in 1 gitu mak? Wahhh kulitnya normal dan gak jerawatan ya dirimu, kalau aku cuci muka cuma sekali apa yang terjadi ya :p hehe.
      Tuh mbak pakai putih telur kata Mbak Nurin :)

      Delete
  10. kayanya sabun cuci muka aku yg ada scrubnya deh, tapi dulu sih pernah periksa katanya kulit muka aku normal, kalau cuci muka aku kadang 2-3 kali juga sih :D
    Terus paling suka di olesin madu ajaaa, buat ngatasin jeraawat hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku gak cocok nih pakai yg ada scrubnya jadi kering. Iya ya madu juga bagus kok, tapi lengket :p

      Delete
  11. Cuci muka 3 kali dalam sehari? Waaa, mba arifah rajin banget. Saya juga kulit berminyak nih mba. Saya pernah dengar katanya klo terlalu sering dipijat (biasanya pas nyuci muka kan kita pijat pelan tuh), malah bikin kelenjar minyak tambah aktif dan bikin kulit jadi makin berminyak lho mak.... cmiiw ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, tapi yang aku rasain sih mbak, cuci muka 3 kali gini malah berkurang tuh minyaknya :) Beda-beda kali ya hasilnya..

      Delete
  12. kalo aku kayaknya lebih dari 3 kali deh mbak...hehe...apalagi di cuaca yg sangat panas seperti sekarang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cuci muka pakai sabun lebih dari 3 kali mak? Hihi, lebih dari aku ya :p

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…