Skip to main content

Tips Saat Terjadi 'Drama Susah Air'

Drama air PDAM yang gak mengalir lancar di rumah saya masih terjadi sampai hari ini. Bahkan udah beberapa hari ini semakin parahhh, airnya gak mengalir setetes pun. Alhamdulillaah masih ada air di tempat saudara yang pakai air sumur. Meskipun saya terpaksa jadi gak bisa banyak minum air putih karena ngirit air buat ke kamar mandi -_- Iya kan, kalau saya banyak minum otomatis banyak pipis dong, artinya banyak juga air yang terpakai di kamar mandi.

Ngomong-ngomong soal ngirit air, kalau keadaan air lagi seret atau bahkan sangat terbatas banget, mau gak mau alias terpaksa kita harus ngirit sengirit ngiritnya :D Buat kalian yang mengalami kejadian seperti yang saya alami, saya punya beberapa tips nih untuk membantu kita lebih hemat air. Sediakan barang-barang berikut saat kamu harus menghemat air :

1.  Hand Sanitizer

Sumber gambar dari sini
  
Ini berguna banget untuk membersihkan tangan dan kaki, yang biasanya cepat kotor. Apalagi buat kamu yang senang dengan kebersihan. Pastinya pengen tetap bersih dong ya, dan bisa tetap hemat air. Tapi supaya bersihnya maksimal, sebaiknya tetap dibilas lagi dengan air sedikit, terutama kalau kamu bersihin tangannya sebelum makan. Ini supaya kuman-kuman yang udah mati terkena hand sanitizer tersebut luruh saat dibilas dengan air. Kalau gak ada air banget, kamu bisa ganti dengan tissue basah untuk mengangkat kuman yang mati. Tapi jangan terlalu sering memakai hand sanitizer ya, pakai kalau diperlukan aja, terutama saat benar-benar gak ada air. Cuci tangan pakai sabun dan dibilas pakai air tetap lebih baik dan sehat, dibanding menggunakan hand sanitizer.

2.  Tissue Basah

Tissue basah bermanfaat untuk mengganti peran air saat kamu mencuci tangan, juga untuk membersihkan tubuh. Kalau lagi gak ada air sama sekali, dan kamu terpaksa gak mandi, tissue basah bisa kamu pakai membersihkan tubuh dari keringat dan debu yang menempel di kulit. 

3.  Talk dan Parfum

Nah, ini berguna banget saat kamu gak bisa mandi karena airnya gak ada, jadi kamu bisa tetap segar dan wangi. Kalau airnya sedikit banget, kamu bisa pentingin air itu untuk wudlu dan bersih-bersih saat buang air dibanding untuk mandi ya kan? Coba, lebih penting mana bebersih saat buang air dengan mandi? :p Hihi, mandi masih bisa ditunda lah, dan disiasatin pakai tissue basah, talk, dan parfum. Tapi kalau gak bebersih sehabis buang air, kayanya gak bisa deh -_- Apalagi kalau dibandingin sama wudlu, wudlu wajib sedangkan mandi gak wajib. Kecuali kalau kamu memang harus mandi besar, ini baru wajib.

4.  Pembersih Wajah Dua Langkah

Buat kamu yang punya kulit berminyak atau berjerawat, tentunya harus rajin cuci muka dong ya. Tapi kalau harus cuci muka pakai sabun yang dibilas pakai air, kan lumayan juga airnya. Kalau pakai air sedikit malah gak bersih lagi. Solusinya adalah pakailah pembersih muka dua langkah, yaitu cleanser dan toner. Ini kan gak pakai air, jadi gak usah khawatir gak bisa bersihin muka meski gak ada air sekalipun.  

5.  Kertas Nasi, Sendok Plastik, dan Gelas Plastik


Sumber gambar dari sini

Supaya kamu gak perlu cuci peralatan makan, kamu bisa pakai kertas nasi, sendok plastik dan gelas plastik buat peralatan makan kamu. Kertas nasinya kamu alasin aja di atas piring. Jadi, selesai makan piringnya kan tetap bersih tuh, nah...bisa kamu masukkin lagi ke dalam lemari :) Tinggal kertas nasi dan sendok plastiknya aja kamu buang setelah makan. Begitu juga untuk gelas, kalau kamu pakai gelas plastik, otomatis gak harus nyuci gelas kotor kan? Gelas plastiknya tinggal kamu ganti minimal sehari sekali, bisa juga lebih dari itu kalau emang udah kotor. 

Gimana, kamu berhasil hemat air kan ya? Tapi gak berhasil hemat pengeluaran :p hihi. Ya, risiko lah. Mau gimana lagi, kalau emang gak ada air terpaksa barang-barang di atas harus diadakan :) 

Comments

  1. Tips asik nih, Mak...Untuk anak-anak, bedak talk sdh diingatkan. Memang benar, tanpa mandi badan mereka keringetan nggak nyaman, jadi rewel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mak. Jangankan mereka, saya aja kalau gak mandi ya gak enak rasanya :p

      Delete
  2. Semoga cepat berlalu ya mak kekeringan ini...dan air mengalir lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mak, udah kangen banget sama air yang lancar :)

      Delete
  3. hand sanitizer tuh bukannya pk alkohol ya mak? jd hbs pk itu harus cuci tangan dong kl mau makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, ada alkoholnya.
      Iya, kalau mau makan harus dibilas lagi pakai air :)

      Delete
  4. Toss! Rumah saya juga mati, Mak, PALYJA-nya. Sudah sms Gub Ahok, sih. Lumayan, kadang jadi hidup.

    Pernah 2 minggu lho, mati, pas Lebaran.

    Makasih tipsnya, Mak. Nggak kepikiran hand sanitizer.

    ReplyDelete
  5. irit air tapi boros pengeluaran ya, Mak.

    Alhamdulillah di daerah saya masih banyak yg punya air sumur, jadi kalo musim kemarau, masih bisa minta tetangga ^^

    sebenarnya ga harus kesulitan air juga ya irit pemakaian air, bukan begitu bukan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hehe. Lebih boros sedikit :p
      Syukurlah mak, tapi agak repot juga ya kalau harus minta terus ke tetangga.
      Begitu bukan begitu, hihi..

      Delete
  6. sudah melakukan semunya, apalagi yang terakhir, capeeek kalau cuci piring bejibun :D

    ReplyDelete
  7. wah iya juga ya mba, jadi lebih kreatif dalam keadaan kepepet :) saya pernah ngalamin yang namanya air pdam keruh, ga bisa dipakai sama sekali dan berhari2 mandi cuma sehari 1x hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa, masih mending mbak bisa mandi sehari sekali. Saya pernah seharian gak mandi karena gak ada air -_- hiii..

      Delete
  8. Nice tips . Untungnya gak pakai PAM ya. Jadi jarang krisis air. Pakainya sumur. Tapi kalau pas mati listrik ya sama aja bingung gak ada air karena gak pakai bak mandi. Cuman shower aja. JAdi gak ada persediaan air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, air sumur emang lebih lancar dibanding air PAM :)
      Waaah, gak kebayang kalau aku gak punya bak mandi, gak bisa nampung air dong :p hihi.

      Delete
  9. turut sedih dengan kualitas air pdam... termasuk mampetnya...
    di tempat tinggalku di cepu-jateng juga gitu mak... air dari pdam nyala 2-3 hari sekali... itu pun seringnya coklat / keruh...
    alternatif lainnya nebeng sumur bersama milik warga. alhamdulillah airnya bersih dan membantu banget...
    cuma kalau lagi musim kemarau panjang... kadang air sumurnya kering / air tidak naik bisa disedot pompa airnya, jadinya terpaksa ngandalin pdam kl begini..

    semoga pdam kinerjanya ditingkatkan.

    btw tips hemat airnya praktis dan ok banget mak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, menyedihkan memang :p
      Tapi kalau di tempatku air PDAM lebih bagus dari air sumur :)

      Delete
  10. Air memang harus dihemat sejak dini ya mbak....
    Kan juga ada hadistnya utk tdk berlebih2an dalam mengunakan air...
    Trims mbak Arifah tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, tapi saya suka boros sih kalau lagi banyak air -_- saking senengnya liat air banyak, gak kerasa jebar-jebur banyak..

      Delete
  11. tipsnya oke juga,alhamdulilah ada tandon di kos2an.kl di rumah batam jarang mati air,alhamdulillah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…