Skip to main content

Jangan Menolak Menghadapi Kenyataan

Kenyataan adalah hal yang mau tak mau harus kita hadapi, baik atau buruknya. Kenyataan yang kita harus hadapi memang tak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Pasti ada masanya, kita menemukan sebuah situasi yang menurut kita pahit dan buruk. Meski tak semua orang diberi ujian 'yang sangat pahit', tapi anggaplah ujian pahit tersebut sebagai tanda bahwa kita adalah orang spesial yang dipilih oleh-Nya, untuk mendapat ujian tersebut.


Sumber gambar : firstcovers.com

Karena semakin besar ujian hidup kita, semakin besar pula peluang kita untuk mendapat banyak pahala, jika kita berhasil menjalani ujian tersebut dengan baik. Jika kita dipilih menjadi salah satu penerima ujian tersebut, berusahalah untuk tetap bisa bersyukur. Kenyataan hidup yang pahit merupakan pembuka jalan bagi kemudahan dan kebahagiaan kita di masa depan. 

Menolak menghadapi kenyataan atau menghindarinya, hanya akan memperburuk kenyataan hidup yang harus kita jalani ke depannya. Lari dari kenyataan, ibarat kita menunda sesuatu yang sebenarnya pasti terjadi. Jika kenyataan itu memang merupakan bagian dari takdir kita, maka cepat atau lambat pasti harus kita hadapi juga. 

Menghadapi kenyataan sekalipun pahit merupakan hal yang terbaik. Tak ada yang lebih melegakan dan melapangkan hati kita saat menghadapi kenyataan pahit, selain sikap menerima dengan ikhlas. Semakin kita ikhlas menerima, akan semakin lapang hati kita dan siap menghadapi kenyataan tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Perasaan Mellow

Ngomong-ngomong soal perasaan mellow nih yaaa... Aku juga pernah merasakan mellow, hihi.. Seperti saat aku melihat kehidupanku tak berjalan secemerlang orang lain, atau saat aku merasa jleb ketika melihat kesuksesan orang lain, atau saat aku melihat orang lain begitu bergembira karena bergelimang materi, sementara aku masih harus menahan diri dari membeli banyak hal :p hehe..


Seperti hari ini nih contohnya, barusan aku simak timeline salah satu temanku di sosial media yang menceritakan liburannya keliling kota bersama suami dan anak-anaknya, dan tiba-tiba jleb aja gitu..aku ngerasa sedih :'( *ga sampe mewek siiih* Sedih karena aku udah lama banget ga liburan kemana-mana, karena ga ada budget buat liburan :p Daripada duit aku hamburin buat rekreasi ya mending aku tabungin buat beli rumah, aamiin :)

Menurutku perasaan-perasaan mellow itu normal kok :) bukan perasaan yang membahayakan juga kan, ASAL tak berlebihan yaaa.. Namanya juga manusia yang punya hati dan perasaan. Perasaan suka …