Skip to main content

Belajar Dari Olga Syahputra

Meninggalnya Olga Syahputra memang sudah lewat beberapa hari yang lalu, tapi sampai sekarang saya masih merasa sedih jika melihat liputan tentangnya di televisi. Saya kehilangan...dan yang membuat saya semakin sedih, saat mengingat betapa almarhum merupakan sosok yang sangat baik, dan begitu banyak memberi manfaat pada orang lain, namun kini telah tiada. Mudah-mudahan Allah menghadirkan kembali sosok-sosok baik hati di dunia ini, aamiin.

Bicara tentang Olga Syahputra, ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari darinya. Dari mulai perjuangannya meraih sukses, totalitasnya dalam bekerja, sampai pada kebaikan hatinya. Nah, saya tertarik untuk membahas mengenai kebaikan hatinya. Ini saya rangkum dari sekian banyak acara televisi yang mengulas tentang Olga beberapa hari terakhir. Di mana dalam tayangan-tayangan tersebut, yang menjadi narasumbernya adalah orang-orang terdekat Olga Syahputra sendiri. 

1.  Menjaga shalatnya

Olga dikenal sebagai orang yang rajin menjaga shalatnya, meski dalam kesibukannya yang sangat padat, ia tak lupa pada kewajibannya untuk menunaikan shalat. Bukan hanya shalat wajib, ia juga menyempatkan diri untuk shalat sunnah, seperti shalat Dhuha. Hal ini disampaikan oleh Produser acara televisi, Dahsyat (tayang di RCTI), yang kerap melihat Olga shalat Dhuha di tengah-tengah syuting Dahsyat. 

2.  Sangat murah hati

Olga bukan hanya murah hati (suka memberi) terhadap orang-orang terdekatnya, ia juga sangat murah hati terhadap orang yang baru dikenalnya sekalipun. Olga memiliki ribuan anak asuh yang rutin dibiayainya. Di rumah tempat tinggalnya pun, ada beberapa orang anak asuh yang tinggal bersamanya dan ia biayai. 

3.  Rendah Hati

Olga dikenal sebagai orang yang ramah dan supel, dan bisa bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan status orang tersebut. Meski beberapa tahun terakhir ia berada di puncak kesuksesan, ia tetap menjadi orang yang ramah, termasuk pada para penggemarnya, maupun orang yang baru ditemuinya. Bahkan ia memperlakukan asisten rumah tangganya layaknya teman, di mana saat makan, mereka makan bersama dalam satu meja. 


Sumber gambar : tvguide.co.id

4.  Suka menolong

Olga memang dikenal sebagai pribadi yang suka sekali menolong orang lain. Bukan hanya terhadap keluarga dan teman-temannya, tapi juga terhadap orang lain. Sifat suka menolongnya ini ia wujudkan dalam sebuah acara televisi, yaitu Catatan Si Olga (tayang di ANTV), yang memang ia buat sendiri, di mana ia pun menjadi pembawa acara tersebut. Acara tersebut bertujuan untuk menolong orang-orang yang sedang kesulitan. 

5.  Suka menyenangkan orang lain

Hal ini tercermin dari sikapnya yang selalu berusaha menghibur orang lain, bukan hanya melalui penampilannya di televisi, dalam kehidupan sehari-harinya pun, Olga dikenal sebagai orang yang selalu berusaha meramaikan suasana di sekitarnya. Ia senang membuat orang lain tertawa. Dan jika ia melihat ada orang terdekatnya yang sedang sedih, ia akan berusaha untuk menghiburnya dan membuatnya tertawa. 

6.  Memberi lebih dari yang orang lain butuhkan

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang ustadz yang selama ini dititipi amanah oleh Olga untuk menyalurkan sedekahnya. Ustadz tersebut mengatakan jika Olga suka melebihkan pemberiannya berkali-kali lipat dari biasanya. 

7.  Peka dengan kesulitan orang lain

Olga memang terkenal sangat sensitif, ia begitu peka terhadap kesulitan orang lain. Ia bisa dengan mudahnya terharu, ikut merasa sedih, dan juga menangis saat melihat kesusahan dan kesedihan orang lain. Ini sering ditunjukkannya pada acara televisi buatannya, Catatan Si Olga. Di mana ia selalu menangis saat narasumber sedang menceritakan kesulitan hidupnya. 

8.  Jika diminta pasti memberi

Olga termasuk orang yang tak tega jika melihat orang lain sedang kesulitan. Jika ada orang yang meminta bantuannya, ia pasti akan mengusahakannya. Ini diungkapkan oleh salah satu sahabatnya, yang menceritakan bahwa ada orang yang mendatangi Olga di lokasi syuting (sebuah acara), kemudian meminta uang sebesar 80 juta rupiah untuk biaya rumah sakit. Saat itu juga Olga pergi ke ATM dan memberikan orang tersebut uang yang dimintanya itu. 

9.  Sederhana

Meski Olga sudah berada di puncak kesuksesan, ia tetaplah pribadi yang sederhana. Sebab kekayaan tak membuatnya sibuk memperkaya diri sendiri secara berlebihan, tapi justru untuk membantu orang lain, yaitu dengan banyaknya anak asuh yang rutin ia biayai, orang-orang yang ia tolong, serta teman-temannya, termasuk rekan-rekan sesama artis yang ia bantu untuk bisa sukses. Kesederhanaannya ini, bisa dilihat dari penampilan dan gaya hidupnya. Misalnya saat makan, ia lebih suka makanan yang sederhana, seperti tempe goreng, telur dadar, serta kerupuk, dibanding makanan mewah di restoran mahal.

Tentu masih banyak lagi, hal lain mengenai kebaikannya yang tak terungkap. Mudah-mudahan semakin banyak orang yang bisa belajar dari Olga Syahputra, terutama tentang kebaikan hati, aamiin.




*Self reminder*

Comments

  1. walaupun mungkin ada yang pernah tersakiti oleh ucapannya, saya pun dulu sempat menyayangkan guyonannya, tapi kemarin saya ikut nangis lhoo.. semoga Allah mengampuni dosa-dosanya, dan menerima amal baiknya, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak kenal maka tak sayang mak, seringkali kita menilai orang tanpa kita mengenalnya dulu. Saya juga awalnya sempat gimana gitu sama Olga, tapi lama2 melihat kebaikannya malah berubah jadi kagum dan simpati :)

      Delete
  2. Iya betul mak. Aku setuju. Aku juga dulu suka kesel sama Olga krn guyonannya terkadang suka gak pantas diucap.
    Tapi dibalik itu memang dia org yg humble dan friendly..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, apa yang kita lihat belum tentu mencerminkan hatinya yang sebenarnya :)

      Delete
  3. Hik... jadi terharu plus malu..apa yg saya sudah saya lakukan buat dhuafa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang sama juga buat saya mak :(

      Delete
  4. Iya mak..sepakat..kebaikan sekecil apapun yg kita lakukan buat org lain insyaAllah manfaatnya jg buat kita sendiri. Terutama saat tiba waktunya kita mati nanti. Mengingatkan diri sendiri juga.

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka sedih mbak kalau liat tayangan olga ditelevisi, hiks suka gitu aja air mata meleleh.. Semoga alm Olga ditempatkan ditempat terindah disisi Allah Swt, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, suka gak kuat, nangis juga deh :'(
      Aamiin.

      Delete
  6. Saya percaya bahwa Alm. Olga memang orang yg sangat baik, terbukti dari masa akhir hidupnya, terbukalah segala kebaikannya yang jarang terpublish di khalayak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, malah banyak yang belum terungkapkan mengenai kebaikan2nya..

      Delete
  7. Sama Mbak Arifah.. saya juga sedih kehilangan sosok Olga.. Dia itu bener-bener artis serba bisa. Gak cuma mengejar dunia, tapi juga menjaga bekal akhirat. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah :')

    ReplyDelete
  8. Ibu mertuaku sampe nangis dua hari lo mbak, denger kabar Olga meninggal :'(

    ReplyDelete
  9. Katanya, orang baik cepet dipanggil Allah..wallahu alam....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…