Skip to main content

Indonesian Food is Not Only About Taste But Also Health

Sumber gambar : lifestyle.kompasiana.com

One of the things that make us proud with Indonesia is the rich of natural resources. Indonesia's natural wealth that being attraction of the world is wealth of spices. Yes, Indonesia is a country that rich of spices.

Indonesia's native spices that famous in the world is clove and nutmeg. But in fact, not only clove and nutmeg that being Indonesia's native spices, there is also galangal, pangium edule (kluwek), and pandan leaves. Besides, there are many other spices that thrives in Indonesia, such as : onion, garlic, chilli, spring onion, bay leaves, cumin, pepper, ginger, hazelnut, coriander, and turmeric.

Maluku is an island that famous for its spices, even Maluku dubbed the Spice Islands, because that is where the clove and nutmeg come from. In Maluku both of these plants are thrives. However, not only Maluku who produce spices, most of Indonesian regions, such as Sulawesi, Sumatra, and Java, can be planted with spices, because basically Indonesia has fertile soil and easy for planting various plant.

Spices make a dishes has a high taste and scented, that make us tasteful to eat. No wonder Indonesian cuisine become so rich of spices. This is what makes Indonesia has an assortment of dishes, because the spices are many kinds, it make taste of the cuisine varied, depending on the spices we use in a dish.

Many Indonesian dishes cooked by using an assortment of spices. Among the many Indonesian cuisine that rich of spices, there are some famous dishes with strong flavors of spices, including : rendang (beef dry curry), opor ayam (chicken white curry), gulai ikan (fish curry), ayam bumbu Bali (chicken seasoning of Bali), soto (traditional Indonesian soup), semur (Indonesian stew), and also rawon. Even CNN International was chose rendang become the number one of the most delicious food in the world.


Sumber gambar : galleryhip.com
Sumber gambar : resepcaramasak.info
Sumber gambar : sajianku.com

However, spices not only beneficial to make a delicious dishes and smelled delicious. Spices are also beneficial for health, including when in put into dishes. For example, clove which has antiseptic and analgesic, its useful for improving the digestive system, keep your body warm, and keep your heart healthy. Pala which has anti-emetic, beneficial for brain health, detoxification of the body, and good for overcoming nausea. Ginger has anti-inflammatory, which is beneficial to relieve the inflammation, preventing the tumor, and can increase appetite. And there are many other benefits of different spices.


Sumber gambar : kuliner.panduanwisata.id

This is what makes the cuisine of Indonesia not only has a delicious taste but also healthy. Because food is not only about taste but also health.

Comments

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…