Skip to main content

Cara Terbaik untuk Memulai Harimu

Cara kita memulai hari, memang bisa jadi menentukan bagaimana hari kita selanjutnya pada hari itu. Jika kita memulai hari dengan hal-hal yang positif, kemungkinan besar hari itu benar-benar menjadi positif. Sebaliknya, jika di awal hari kita sudah mengawalinya dengan hal-hal negatif, maka tak heran jika sepanjang hari tersebut menjadi buruk bagi kita. 

Oleh sebab itu, biasakanlah untuk memulai hari kita dengan hal-hal positif, dan lihat deh perubahan apa yang terjadi pada kehidupan kita. Hal-hal positif apa aja sih yang bisa kita lakukan di pagi hari? Berikut ini ada beberapa hal positif yang merupakan cara terbaik untuk kita memulai hari : 

1. Bersyukur

Hal paling pertama yang sebaiknya kita lakukan adalah bersyukur. Bersyukur karena Allah masih memberi kita kesempatan untuk menikmati hidup di hari ini. Itu artinya kita diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kita di hari kemarin, dan masih ada kesempatan untuk kita berusaha meraih impian-impian kita. Betapa berharganya kesempatan itu bukan? :)

2. Berdoa  

Panjatkan harapan-harapanmu hari ini pada Allah. Harapan kita adalah doa. Kita tak tau kapan Allah mengabulkan doa-doa kita, bisa jadi hari ini Allah mengabulkannya. Maka jangan berhenti berdoa, terutama di awal hari. Bagi umat Islam, kita bisa melakukan aktivitas nomor 1 dan 2 ini dalam Shalat Tahajud atau Shalat Subuh.

3. Berpikir positif

Pikiran yang positif membuat kita semangat menjalani hari. Pikiran yang positif juga bisa menyehatkan mental serta jiwa kita. Pikiran positif merupakan sugesti baik, untuk kehidupan kita. 

4. Mencari inspirasi 

Carilah inspirasi untuk mendatangkan banyak ide dan kreatifitas, serta pikiran-pikiran positif. Kita bisa mendapatkan inspirasi dari membaca buku, mendengarkan kajian islam di radio ataupun di televisi, dan lain-lain.

5. Lakukan hal yang kamu suka tapi bermanfaat

Melakukan hal-hal yang kita sukai di awal hari bisa menjadi mood booster (pemacu semangat) untuk kita menjalani hari. Ini bisa apa saja, yang penting kita benar-benar suka melakukannya. Bukan hanya hal yang kita suka, tapi juga harus bermanfaat. Jadi, kalau hal tersebut merugikan maka jangan lakukan, misal : merokok (boleh jadi kamu menyukainya tapi itu tak bermanfaat bagimu, malah merugikan).

6. Relaksasi 


Sumber gambar : vemale.com



Relaksasi berguna untuk membuat pikiran kita tenang, damai, dan menghilangkan energi-energi negatif dalam diri kita yang biasanya timbul dari pikiran-pikiran negatif. 

7. Sarapan 

Hal terakhir tapi termasuk penting, yaitu sarapan. Sebelumnya, minumlah satu hingga dua gelas air putih setelah kita bangun tidur. Kemudian satu atau dua jam setelahnya, ikuti dengan sarapan ringan dan sehat. Tujuan sarapan bukan untuk membuat kita kenyang, tapi agar kita sehat. Buah merupakan sarapan terbaik untuk kesehatan kita. Pilihlah buah yang manis untuk sarapan, agar nyaman di lambung.

Jadi, jika kita ingin hari kita lebih indah dan bermakna, coba awali dengan aktivitas-aktivitas yang berkualitas seperti di atas.

Gimana dengan kamu, hal-hal positif apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengawali hari? Ayo, share di komentar :)

Comments

  1. Saya suka deh sama tulisan2 membangun begini. Thanks for sharing ya mak. Biasanya saya tambahin dengan sebuah afirmasi : Wonderful things are happening to me, and I will accept it all with ease and grance. Semoga setiap hari kita semua dilimpahkan rizki yg barokah, ilmu yg bermanfaat, pertemanan yg baik, dan kesempatan beramal-ibadah serta amalan kita diterima yaa, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak, makasih kembali ;)
      Aamiin doanya :D

      Delete
  2. Salam kenal mbak ini sepertinya kunjungan perdana saya. Kalau saya biasanya mengawali hari dengan niat pengen masak enak buat anak dan suami krn saya suka masak harapannya anak dan suami bahagia dan senang makan dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali :)
      Masya Allah, bersyukurnya keluarga mbak memilikimu. Mudah2an berkah ya..

      Delete
  3. Thank for sharing, mak :)
    Pagi2 begitu buka mata biasanya aku gak langsung bangun, tapi nunggu dulu 5-10 menit nunggu perasaannya enak, kemudian berdoa dan merencanakan hal-hal baik yg mau dikerjakan seharian nanti. Rasanya beda banget dengan kalo terburu2 bangun. Gak enaknya bisa kebawa same seharian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mak Sary :)
      Kalau aku sih suka langsung bangun mak, paling merem melek dulu beberapa menit, hihi..

      Delete
  4. hallo mak apa kabar?cara terbaik memulai hari itu klo buat sy dimulai dgn tidur malam yg cukup,jdi pas subuh bangun ga telat n badan berasa seger.klo mlm'y begadang biasa'y pas bangun subuh itu "rarudet,rarieut" jadilah badmood sepanjang hari ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mak :) Kabarku baik, alhamdulillaah. Kabarmu gimana?
      Oh, iya..itu juga penting, akupun berusaha untuk tidur cukup :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Teliti Saat Datang Ke Counter Service

Berkaitan dengan postinganku beberapa hari lalu tentang si BB yang bikin galau karena rusak, nah..alhamdulillaah kemaren BB ku sudah kembali beroperasi, kembali ribut dengan notifikasi beberapa menit sekali *saking eksisnya diriku, hihi..lebay*. 

Jadi  gini ceritanya, pas rusak beberapa hari lalu itu aku coba goggling untuk cari tau kira-kira apa penyebab BB ku rusak ga bisa di charge. Berdasarkan hasil goggling sih kayanya konektor charger BB ku yang rusak jadi dicharge ga bisa masuk (ga nyambung).

Aku putusin untuk bawa BB ku ke counter service BB di Cimahi Mall. Sampailah aku di salah satu counter, sebut saja counter A. Aku bilang BB ku ga bisa di charge, terus si penjaga counter tersebut memeriksa keadaan BB ku. Ga berapa lama kemudian, penjaga counter tersebut bilang kalau BB ku konektor chargernya rusak, dan harus diganti. Ahaaa, berarti hasil gogglingku tepat ^^ Ehh, beberapa menit kemudian si penjaga counter bilang lagi kalau batre BB ku juga rusak, katanya udah kembung.. ya ela…