Skip to main content

Tips Percaya Diri

Senang ya, melihat orang yang bisa tampil percaya diri. Mereka memiliki aura yang positif, menunjukkan keyakinan diri yang baik, serta memiliki semangat yang kuat. Setiap orang perlu memiliki kepercayaan diri yang bagus, artinya kepercayaan diri kita tak kurang juga tak lebih. 

Sebenarnya, kepercayaan diri merupakan sesuatu yang bisa kita pelajari. Kepercayaan diri bukanlah bakat lahir, yang bisa kita miliki sejak lahir. Setiap orang pasti bisa memiliki kepercayaan diri yang bagus, jika kita belajar untuk percaya diri. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki kepercayaan diri yang bagus? Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa kita coba.

1.  Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki (apa adanya diri kita)

Bersyukurlah dengan apa yang Allah berikan pada kita. Bersyukur atas karunia fisik, latar belakang keluarga, serta segala sesuatu yang kita miliki saat ini. Bersyukurlah pula atas apa adanya diri kita, bukan hanya kelebihannya tapi juga untuk kekurangan / kelemahan yang kita miliki. 

2.  Yakinlah bahwa setiap orang memiliki inner beauty dalam dirinya

Yakinlah bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dalam dirinya. Setiap orang memiliki inner beauty masing-masing. Inner beauty inilah yang merupakan kecantikan sejati dan alami, yang membuat kita unik dan berbeda dari orang lain. 


Sumber gambar : imagesbuddy.com

3.  Jangan membandingkan diri kita dengan orang lain

Sikap membandingkan diri kita dengan orang lain bisa membuat kita merasa iri hati dan rendah diri, di mana kita menganggap orang lain lebih sukses, lebih cantik, dan lebih beruntung dari kita. Ini bisa mendatangkan energi negatif pada diri kita, yang akhirnya membuat kita jadi sulit untuk percaya diri, maka hilangkan sikap ini. 

4.  Selalu positive thinking

Berusahalah untuk selalu berpikiran positif. Pikiran yang positif akan membuat kita lebih sehat, bukan hanya secara mental tapi juga secara fisik. Pikiran serta fisik yang sehat tersebut, tentunya akan membuat kita menjadi pribadi yang positif pula, salah satunya yaitu menjadi pribadi yang percaya diri.

5.  Jadikan diri kita berguna bagi orang lain

Lakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat, yang menjadikan diri kita berguna bagi orang lain. Lakukan kebaikan tanpa pamrih, menolong orang lain yang kesulitan, atau membantu orang lain dengan keahlianmu, dan lain-lain. 

Jadi, tak ada alasan bagi kita untuk tak percaya diri. Sebab setiap orang bisa memilikinya. Termasuk kamu ^_^




*Self reminder*

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Istri kurang syukur atau suami kurang sadar kewajiban???

Masalah uang memang kerap menjadi biang keladi dari ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Suami istri bertengkar mengenai uang bukanlah hal yang aneh, malah rasanya kita udah ga heran lagi kalau uang sering jadi pemicu pertengkaran. Sepertinya sih, bukan suami istri aja yang suka ribut soal uang, anak sama ortu, atau kakak sama adik pun bisa ribut gara-gara uang :p 

Dulu, sebelum aku nikah..mama suka bilang kalau masalah uang bisa jadi sensitif banget buat suami istri. Mama menasehatiku untuk bisa meminimalisir atau menghindari ribut soal uang setelah berumah tangga. Meskipun kenyataannya susaaah bukan main >_< 

Kayanya ga ada ya suami istri yang ga pernah ribut soal uang :p hanya saja tiap rumah tangga berbeda kadar pertengkarannya. Ada yang hanya sekedar ribut-ribut kecil, tapi ada juga yang sampai ribut besar gara-gara uang, bahkan berujung pada perceraian. 



Suami banyak uang, istri ribut minta uang lagi dan lagi..sementara suami ga punya uang, istri ribut minta suami cari uang …

Hati yang Luka Ibarat Kaca yang Pecah

Buat saya, hati yang luka ibarat kaca yang pecah. Saat kaca itu pecah, maka seperti apapun caranya untuk mengembalikan kaca itu seperti semula, maka tak akan berhasil. Kaca itu akan tetap cacat, retak, dan tak bisa kembali seperti sebelumnya. 

***

Saya pribadi gak ingin sampai mendendam ataupun sekadar membenci, saat saya disakiti oleh orang lain. Saya tau tak ada manusia yang luput dari khilaf, apalagi manusia yang imannya masih lemah seperti saya. Kerapkali saat kita melakukan kesalahan, kita gak sadar bahwa kesalahan kita membuat hati orang lain begitu terluka. 

Jadi, saat orang lain menyakiti saya, saya berusaha untuk memaafkannya. Saya berusaha tetap mengharapkan yang terbaik untuk orang yang menyakiti saya, saya juga masih bisa mendoakan kebaikan untuknya. Saya berharap tak ada rasa benci apalagi dendam terhadap orang lain. Na'udzubillah. Perasaan-perasaan buruk seperti benci dan dendam, pada akhirnya malah menjerumuskan hati kita sendiri bukan? 

Emosi-emosi negatif seperti benc…

Perasaan Mellow

Ngomong-ngomong soal perasaan mellow nih yaaa... Aku juga pernah merasakan mellow, hihi.. Seperti saat aku melihat kehidupanku tak berjalan secemerlang orang lain, atau saat aku merasa jleb ketika melihat kesuksesan orang lain, atau saat aku melihat orang lain begitu bergembira karena bergelimang materi, sementara aku masih harus menahan diri dari membeli banyak hal :p hehe..


Seperti hari ini nih contohnya, barusan aku simak timeline salah satu temanku di sosial media yang menceritakan liburannya keliling kota bersama suami dan anak-anaknya, dan tiba-tiba jleb aja gitu..aku ngerasa sedih :'( *ga sampe mewek siiih* Sedih karena aku udah lama banget ga liburan kemana-mana, karena ga ada budget buat liburan :p Daripada duit aku hamburin buat rekreasi ya mending aku tabungin buat beli rumah, aamiin :)

Menurutku perasaan-perasaan mellow itu normal kok :) bukan perasaan yang membahayakan juga kan, ASAL tak berlebihan yaaa.. Namanya juga manusia yang punya hati dan perasaan. Perasaan suka …