Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2015

Manfaat dari Kebiasaan Senang Memberi

Memberi merupakan bagian dari hidup kita. Tak ada orang yang tak pernah memberi dalam hidupnya. Meski ada sebagian orang yang tak suka memberi alias kikir. Padahal sebenarnya, orang yang kikir itu sedang kikir terhadap dirinya sendiri. Iya dong, kan setiap kebaikan yang kita lakukan, pada akhirnya akan kembali pada diri kita. 




Kita memetik apa yang kita tanam. Jika kita menanam kebaikan, suatu saat kita pun akan memetik hasilnya berupa kebaikan pula. Begitu pun saat kita kikir, kekikiran itu akan merugikan diri kita sendiri. Na'udzubillahi min dzalik. Intinya, kebaikan itu akan menguntungkan kita, termasuk kebaikan dalam memberi. Senang memberi merupakan kebaikan yang memiliki banyak manfaat, di antaranya : 

1.  Membuat kita bahagia

Memberi dengan rasa senang hati membuat hati kita juga ikut bahagia. Kita bahagia karena melihat orang lain bahagia. Memberi itu termasuk hal yang ajaib, karena saat kamu melakukannya dengan tulus, hatimu juga otomatis akan senang dan bahagia. 

Bahkan sebe…

Tips Agar Kamu Jadi Pendengar yang Baik

Kalau harus memilih, mana yang lebih saya sukai antara pendengar yang baik atau pembicara yang baik, saya akan memilih pendengar yang baik. Sebab, pendengar yang baik akan membuat kita merasa nyaman di dekatnya, membuat kita merasa lebih dihargai, dan diperhatikan. Saya banyak bertemu dengan orang yang pandai berbicara, tapi lebih sedikit menemukan orang yang pandai mendengarkan.

Menjadi pendengar yang baik, memang tak mudah. Bisa jadi lebih sulit dibanding menjadi pembicara yang baik, karena menjadi pendengar yang baik, lebih butuh kepekaan hati dibanding jika kita ingin jadi pembicara yang baik. Tapi, semua tentu bisa dipelajari. Ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk jadi pendengar yang baik.



1.  Fokus dan gunakan hati

Fokuslah pada orang yang sedang berbicara dengan kita, termasuk pada isi pembicaraannya. Diam dan dengarkan sungguh-sungguh, gunakan hati kita saat mendengarkan, serta gunakan kontak mata yang baik.

2.  Hentikan aktivitasmu sejenak

Jangan sambil asyik menggunakan …

Lakukan Aktivitasmu Sehari-hari dengan Cinta

Apa kamu suka mengeluh dengan aktivitasmu sehari-hari? Karena merasa lelah atau bosan dengan kegiatan yang sama dari pagi sampai ke pagi lagi. Rasanya tak ada habisnya, deh. Sekarang menyapu besok menyapu lagi, sekarang mencuci besok mencuci lagi, sekarang masak besok masak lagi, begitu terus setiap hari. Belum lagi kalau kita juga disibukkan dengan aktivitas mengurus anak, suami, ditambah harus cari penghasilan tambahan dari rumah. Hihiii..



Meskipun sebenarnya predikat seorang ibu rumah tangga adalah predikat yang mulia, tapi kenyataannya aktivitas rumahan seperti mencuci, menyapu, atau menyikat kamar mandi seringkali dianggap tak lebih penting dari aktivitas mencari uang. Aktivitas sehari-hari seorang wanita di rumahnya, kadang tampak sepele. Padahal hal-hal yang tampak sepele tersebut bisa jadi hal yang berarti jika kita melakukannya dengan cinta. 

1.  Mengurus segala keperluan anak

Bukankah kita sangat bersyukur telah memiliki buah hati? Betapa hidup kita jadi jauh lebih indah sejak …

Manfaat Membawa Buku Kemana pun

Alhamdulillaah, betapa bersyukurnya kita karena di dunia ada benda yang bernama "buku". Dan lebih bersyukur lagi, bagi kita yang suka membaca buku, terutama buku-buku bermanfaat (misal : buku inspiratif). Buku itu merupakan benda yang ajaib, sebab dengan membaca sebuah buku, bisa mengubah hidup kita jadi lebih baik. 

Ada banyak sekali manfaat dari membaca buku, terutama jika kita terbiasa untuk membawa buku kemana pun kita pergi, buku selalu ada dalam tas kita. Sehingga, kita bisa membaca buku di mana pun dan kapan pun. Berikut ini beberapa manfaat yang kita peroleh :

1.  Membuat waktu lebih bermanfaat



Setiap orang pasti pernah menunggu. Menunggu teman datang saat kita janjian dengannya, menunggu dosen datang di kelas, menunggu dokter di klinik, menunggu antrean tiket, menunggu bus, kereta, atau pesawat yang akan berangkat, dan masih banyak aktivitas menunggu lainnya. Sayangnya, seringkali kita menggunakan waktu menunggu tersebut dengan hal-hal yang kurang atau bahkan gak berma…

Ingin Hidupmu Lebih Damai? Kurangi Kesibukanmu

Life is beautiful, jika kita bisa selalu merasa damai dalam hidup. Dan damai atau tidaknya hidup kita, ditentukan oleh diri kita sendiri. Dari bagaimana cara kita menjalani hidup. Salah satu hal yang seringkali membuat kita tak bisa merasa damai adalah saat kita terlalu sibuk. Kesibukan bisa mengalihkan dunia kita menjadi penuh dengan rasa cemas, tertekan, banyak pikiran, dan lain-lain. 




Cobalah untuk mengurangi kesibukan, untuk menjadikan hidup kita lebih damai. Dengan mengurangi kesibukan tak akan membuat kita merugi, justru akan menguntungkan kehidupan kita. Saat kita merasa berat untuk mengurangi kesibukan, ada beberapa hal yang sebaiknya kita ingat, berikut ini : 

>>  Uang bukan segalanya

Ingatlah, bahwa uang bukanlah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Hidup itu sendirilah yang paling berharga. Jangan mengorbankan hidup kita sendiri demi uang. Uang tak bisa menjadi bekal kematian kita kelak. Uang juga tak akan kita bawa mati.

>>  Hidupmu tak selamanya

Saat kita sib…

7 Kalimat Singkat Penuh Makna

Di dunia ini banyak sekali kita temukan kalimat-kalimat pendek -yang hanya beberapa kata-, tapi maknanya luar biasa dalam. Ini biasa kita sebut kutipan (quote). Kalimat-kalimat ini bisa menginspirasi dan memotivasi kita. Di antara sekian banyak kutipan, ada beberapa yang paling saya suka, karena maknanya paling bagus. Kalimat-kalimat ini bisa membuat saya terinspirasi serta termotivasi hanya dalam beberapa detik, setelah saya merenungi maknanya.

1.  Life is Beautiful (hidup itu indah)



Ini merupakan kalimat penyemangat agar kita bisa terus berjuang. Saat merasa lelah dan hampir putus asa, ingatlah kalimat ini. Kalimat ini memotivasi kita agar bangkit dari rasa putus asa, dan menguatkan kita saat kita merasa lelah berjuang. 

4.  Love Yourself (cintai dirimu)

Kutipan ini menjadi pengingat agar kita berusaha mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Perlalukan diri sendiri dengan baik, hargai, serta syukuri segala yang ada pada diri kita. Diri kita berharga, dan kita sendirilah ora…

Mau Tau Gak, Kriteria Buku Favoritku?

Kayanya semua orang yang suka nulis, pasti suka baca buku. Tapi gak semua orang yang suka baca buku, pasti suka nulis. Eh, betul gak? Hehe. Kata saya ini, lho. Soalnya, bagi penulis, membaca buku itu bisa sangat menunjang kemampuannya dalam menulis. Semakin banyak buku yang kita baca, akan mempermudah kita dalam mendapatkan ide, mengolahnya, kemudian menuangkannya dalam tulisan. 

Saya pribadi juga suka baca buku, meski gak sampai menggilai. Buktinya, koleksi buku saya gak banyak, beli buku juga gak rutin, daftar buku yang udah dibaca juga gak banyak. Pokoknya gak kaya orang lain deh, yang memang 'kutu' buku. Saya gak terlalu rajin baca buku. Saya juga termasuk yang milih banget kalau baca buku. Hanya buku-buku tertentu aja yang bisa betul-betul membuat saya tertarik untuk membacanya sampai selesai. 




Tapi belakangan ini, saya coba lagi untuk merutinkan baca buku, meski sehari hanya satu atau dua lembar. Sebelumnya sih, saya lebih suka baca-baca artikel di internet, tapi beberapa …

Ingin Banyak Tertawa? (Tertawa Itu Sehat) Coba 5 Hal Ini

Tertawa itu sehat. Sebab tertawa memang bisa mengubah suasana hati kita jadi lebih baik, membuat kita jadi lebih bahagia, dan mengurangi stress. Tentunya ini membuat kita jadi lebih sehat. Coba deh, saat kamu merasa mood kamu jelek, tertawalah atau tersenyum lebar sambil mengingat-ingat hal yang lucu, pada saat itu juga mood kamu akan membaik.

Bahkan saat ini ada yang namanya "Terapi Tertawa", yaitu terapi yang bertujuan untuk menghilangkan stress dan membuat kita sehat, dengan cara tertawa. Ini membuktikan bahwa dengan memperpanyak tertawa, itu bisa membuat kita lebih sehat. Tapi, seringkali kita butuh hal-hal yang bisa 'memancing' kita untuk banyak tertawa. Apa sajakah itu? Coba 5 hal berikut ini.

1.  Bercanda dengan anak kecil (balita)



Anak kecil -terutama balita- biasanya lebih banyak tertawa dibandingkan orang dewasa. Mereka lebih mudah tertawa dan mudah untuk diajak bercanda. Bercanda dengan anak kecil bisa membuat kita kemudian ikut terbawa untuk banyak tertawa. 

Menjadikan Masa Sulit Sebagai Masa Emasmu

Semua orang tentu pernah mengalami masa sulit dalam hidup, tapi tak semua orang bisa menjadikan masa sulit sebagai masa emas dalam hidupnya. Masa emas maksudnya adalah masa yang berharga, di mana kita bisa memperoleh banyak keuntungan dan kebaikan. Kesulitan dalam hidup sebenarnya merupakan ujian dari Allah, untuk kita bisa mendapatkan banyak pahala. 

Semakin sulit ujian yang diberikan Allah pada kita, tentu semakin besar peluang kita untuk mendapat pahala yang lebih besar, sesuai dengan tingkat kesulitan dari ujian yang kita terima. Sayangnya, kita seringkali tak pandai melihat ujian masa sulit sebagai anugerah yang harus disyukuri. Bukannya mensyukuri, kita malah lebih banyak mengeluhkannya. 

Ada banyak hal yang menjadikan masa sulit dalam hidup justru sebagai masa berharga, terutama ketiga hal berikut ini : 

1.  Belajar banyak hal



Masa sulit membuat kita belajar banyak hal. Dari mulai keikhlasan, kesabaran, kekuatan, perjuangan, serta pengorbanan. Kita jadi orang yang sabar, setelah di…

5 Alasan Mengapa Kamu Butuh Olahraga

"Mens sana in corpore sano" (di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat). Dulu, zaman saya masih SD -20 an tahun yang lalu-, saya hafal banget dengan pepatah ini. Soalnya, pepatah Romawi ini selalu keluar di ujian olahraga. Tapi, meski kalimat ini sudah saya hafal puluhan tahun, baru beberapa tahun terakhir ini saya benar-benar kagum dengan maknanya.

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, dan di dalam jiwa yang sehat terdapat pula tubuh yang kuat. Artinya, terdapat keterkaitan antara tubuh dan jiwa. Jika tubuh kita sehat, jiwa kita juga akan sehat. Maka dari itu, jika kita ingin jiwa kita sehat, kuatkanlah tubuh kita, salah satunya dengan cara rutin berolahraga.



Meski saat ini tak semua orang telah menyediakan waktu khusus untuk rutin berolahraga, tapi kita perlu tau nih, apa saja alasan-alasan mengapa kita butuh olahraga. Mudah-mudahan setelah kita mengetahui alasan-alasan ini, bisa membuat kita jadi semangat untuk rutin berolahraga.

1.  Menjaga kesehatan fi…

Ketiga Hal Ini Selalu Ada dalam Sebuah Proses

Kita tentunya sudah begitu akrab dengan yang namanya proses. Sebab, dalam hidup kita selalu bertemu dengan proses dan proses. Hidup itu sendiri butuh proses, dan semua yang ada di dalam hidup juga butuh proses. Proses merupakan perkembangan atau tahapan yang harus kita lalui saat kita menginginkan sebuah hasil. 

Kita mengalami proses sejak kita masih berada dalam rahim ibu kita. Setelah lahir, kitapun berproses untuk menjadi dewasa (tumbuh besar). Bahkan, sampai detik inipun kita pastinya masih mengalami proses. Proses untuk menjadi lebih baik, proses untuk menjadi lebih sukses, proses untuk menjadi seperti yang kita inginkan, proses untuk menjadi lebih tua (secara fisik dan usia), dan juga proses untuk menuju kematian -sesuatu yang sudah pasti akan kita tuju-. 

Dalam sebuah proses, kita selalu bertemu dengan ketiga hal ini :

1.  Usaha

Tak akan ada hasil tanpa usaha. Seperti apa usaha yang kita lakukan, akan menentukan bagaimana hasil yang kita peroleh. Ada perjuangan dan juga pengorbanan…

3 Manfaat dari "Inspirasi"

Supaya kita bisa menginspirasi orang lain -dengan menjadi sosok yang inspiratif-, terlebih dulu kita juga harus menemukan inspirasi-inspirasi bagi diri kita sendiri. Sebenarnya, tak sulit untuk menemukan inspirasi, karena inspirasi bisa kita dapatkan dari manapun dan kapanpun. Kita tak perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh inspirasi. Kita hanya perlu membuka pikiran dan hati kita agar mudah mendapatkan inspirasi.

Dalam hidup, kita perlu yang namanya inspirasi. Sebab ada beberapa manfaat yang kita peroleh dari inspirasi, yaitu :

1.  Memacu semangat




Inspirasi bisa meningkatkan semangat kita dalam hidup. Sebab, inspirasi membuat kita jadi termotivasi untuk melakukan sesuatu. Misal, saat kita terinspirasi oleh seseorang yang sukses dalam usahanya, kitapun lalu jadi semangat dan termotivasi untuk bisa sukses pula seperti itu, bahkan melebihinya. Sebaiknya inspirasi kita dapatkan setiap hari, agar setiap harinya kita selalu memiliki semangat untuk beraktivitas.

2.  Meningkatkan kualitas diri

Ini Manfaat yang Kamu Dapat dari Kebiasaan Bangun Pagi

Bersyukurlah kita sebagai muslim diberi kewajiban menunaikan Shalat Subuh. Dengan demikian kita jadi terbiasa bangun pagi setiap harinya. Dalam Islam pun dianjurkan untuk tak tidur lagi setelah menunaikan Shalat Subuh. Ini bertujuan agar kita bisa memanfaatkan waktu pagi dengan maksimal, dengan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat, dibanding hanya tidur. 



Waktu pagi ibaratnya adalah waktu emas kita, di mana aktivitas pagi kita bisa menentukan hari yang kita jalani sepanjang hari tersebut. Buat saya, pagi hari itu istimewa. Apalagi di jam-jam syahdu, yaitu di jam 4 sampai 5, kemudian kesyahduan menurun di jam 5 sampai 6 pagi. Di dua jam tersebut merupakan waktu hening yang bagus untuk kita isi dengan aktivitas yang positif dan inspiratif, misal : membaca buku, menulis, belajar sesuatu, tadabur Al-Qur'an, maupun mendengarkan ceramah di televisi atau radio. 

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan dari kebiasaan bangun pagi, yang sayang sekali untuk kita lewatkan. 

1.  Merupakan…

Kerugian dari Rasa Cemas yang Berlebihan

Rasa cemas memang bisa dialami siapa saja. Saya, kamu, dan kita semua bisa mengalaminya. Tapi, pada sebagian orang, rasa cemas bisa menjadi begitu merugikan, karena rasa cemas ini terjadi secara berlebihan, yang pada akhirnya membuat kehidupan seseorang menjadi dikendalikan oleh rasa cemasnya sendiri. Padahal, rasa cemas itu merupakan perasaan khawatir atau gelisah terhadap suatu hal yang sebenarnya belum terjadi, dan ini berawal dari pikiran-pikiran kita sendiri yang negatif.




Berikut ini ulasan mengenai kerugian-kerugian dari rasa cemas yang berlebihan :

1.  Hidup jadi tak tenang

Rasa cemas tentunya membuat kita jadi kehilangan ketenangan dan rasa damai. Pikiran dan hati kita sibuk mengenai hal yang kita cemaskan tersebut. Rasa cemas membuat kita merasa hidup di bawah tekanan. Padahal tekanan tersebut muncul dari pikiran dan perasaan kita sendiri, yang diakibatkan oleh kecemasan yang berlebihan.

2.  Sulit untuk tertawa

Rasa cemas berlebihan membuat kita stress, dan ini bisa mengakibatkan …

Manfaat "Meliburkan Diri" dari Rutinitas Harian

Setiap harinya, bisa jadi kita punya rutinitas harian yang sama persis atau kurang lebih sama. Hal ini tak hanya terjadi pada mereka yang bekerja di kantoran saja, para ibu rumah tangga juga bisa saja memiliki rutinitas harian yang sama. Dari mulai bangun pagi sampai menjelang tidur, waktunya di isi dengan aktivitas yang "itu lagi itu lagi" setiap harinya. Nah, inilah yang akhirnya bisa membuat kita merasa jenuh. 




Maka dari itu, kita perlu nih, "meliburkan diri" sejenak dari rutinitas harian kita. Idealnya, seminggu sekali kita punya waktu libur, di mana pada hari itu kita terbebas dari rutinitas harian kita. Kecuali rutinitas yang wajib ya, misal : mengurus anak dan mengurus suami. Bagi pekerja kantoran, kita bisa ambil hari libur di Hari Minggu. Tapi, bagi ibu rumah tangga atau mereka yang bekerja dari rumah, tentu bisa lebih fleksibel, apakah Hari Jum'at, Sabtu, atau Minggu. 

Dan, inilah beberapa manfaat yang kita peroleh dari "meliburkan diri" :

1.  …

Kerugian dari 'Kebohongan Kecil' yang Jadi Kebiasaan

Rasanya, setiap hari kita tak terlepas dari yang namanya kebohongan kecil. Kebohongan kecil merupakan kebohongan yang seringkali kita sendiripun tak menyadari bahwa hal tersebut adalah kebohongan. 

Misalnya : saat anak kita nangis, kita menghiburnya dengan mengatakan "Udah sayang, berhenti nangisnya, nanti siang mama beliin es krim", saat kontak dengan teman lama, kita bilang "Iya nanti kalau minggu depan aku ke sana, aku sekalian mampir ke rumahmu, ya", ataupun ucapan kita terhadap pasangan "Iya, nanti sore aku telfon kamu lagi ya, sayang", tapi semua perkataan tersebut tak direalisasikan. 

Itu hanya sebagian contoh kebohongan kecil yang bisa jadi sering kita lakukan. Di luar itu, masih banyak contoh lainnya, yang bukan hanya kita lakukan terhadap anak, pasangan, saudara, teman, orang-orang di lingkungan kita bekerja (misal : pimpinan, klien, pelanggan), hingga terhadap orang yang baru kita kenal sekalipun. Wah, kalau kebohongan kecil ini selalu kita angga…