Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2015

Liburan Paling Sederhana adalah Meliburkan Pikiranmu

Semua orang membutuhkan liburan, termasuk saya dan kamu, iya kaaan? *apa sih :p Setelah setiap harinya kita disibukkan dengan rutinitas yang menguras energi fisik dan juga pikiran, tentu saja kita butuh waktu untuk bersantai, bebas, dan bersenang-senang. Liburan ini bermanfaat untuk membuat pikiran serta tubuh kita kembali segar, semangat, dan energi kita full kembali. 

Selama ini liburan identik dengan jalan-jalan, pergi bersama keluarga, ke luar kota, mengeluarkan biaya, dan membutuhkan waktu yang harus dipersiapkan sebelumnya (jauh-jauh hari). Intinya, liburan bisa jadi tak se-simple yang dibayangkan. Itu sebabnya, sebagian orang merasa tak sempat untuk liburan, tak punya cukup biaya, atau tak punya teman yang akan diajak liburan. 




Padahal, liburan tak harus rumit seperti itu, kok. Liburan bisa dibikin jadi sederhana, tapi hasilnya tak kalah dengan liburan pada umumnya. Liburan paling sederhana adalah meliburkan pikiran kita. Ini sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat kita merasa …

Saat Kamu Butuh Motivasi, Maka Motivasilah Orang Lain

Sebagai manusia yang selama hidupnya selalu membutuhkan peran orang lain, tentunya sewaktu-waktu kita juga memerlukan orang lain yang bisa memotivasi kita. Motivasi itu bukan hanya di saat kita merasa sedih, susah, atau sakit. Motivasi juga kita butuhkan saat kita sedang bekerja, berusaha meraih impian, termasuk juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Coba bayangkan, kalau seseorang hidup tanpa pernah merasakan support orang di sekitarnya, apa yang terjadi? Hampa. Kita akan merasa kesepian, merasa sendiri, dan merasa kurang semangat dalam menjalani hidup. Lalu, apa kita harus meminta atau bahkan memohon pada orang lain untuk memotivasi kita? No, no, motivasi yang baik dan menyenangkan kita, tentunya adalah motivasi yang diberikan secara alami (tanpa diminta). Begitu bukan?



Ada satu cara agar kita bisa mendapatkan motivasi dalam hidup kita tanpa harus meminta-minta orang lain untuk memotivasi kita. Yaitu, dengan lebih dulu memotivasi orang lain. Jadi, tak perlu menunggu orang lain untuk memot…

Berkonsultasi dengan Buku? Bisa!

Bismillahirrahmanirrahim


***

Saat kita sedang memiliki permasalahan hidup, seringkali kita butuh berkonsultasi untuk mendapatkan saran atau nasihat dalam menemukan solusi. Karena diri kita, termasuk pikiran kita sendiri bisa jadi tak cukup bijak untuk melihat permasalahan demi mendapat solusi terbaik. Apalagi jika diri kita termasuk kategori orang yang mudah merasa cemas atau bahkan terlalu cemas. Rasa cemas berlebihan bisa membuat kita tak bisa berpikir jernih. Begitu pula dengan emosi-emosi negatif lainnya, seperti : rasa takut berlebihan, pikiran buruk, pesimis, dan lain-lain. Hal-hal tersebut membuat pikiran kita jadi tak bisa tenang dan jernih. 

Maka dari itu, kita harus berkonsultasi. Sebenarnya, dalam Islam, tempat konsultasi segala permasalahan hidup yang terbaik hanya Allah. Namun, sebagai manusia yang memiliki kelemahan (seperti saya), kita tak cukup pandai untuk bisa memahami jawaban yang Allah berikan. Itu sebabnya, selain berkonsultasi dengan Allah, tak ada salahnya kita jug…

Belajar Mengakhiri Hidup dengan Indah

Segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini, semua diawali dengan proses belajar terlebih dahulu. Saat masih bayi, kita belajar untuk bisa berjalan, makan, dan minum. Masa kanak-kanak, kita belajar untuk naik sepeda, memakai baju sendiri, dan membersihkan diri sendiri. Masa remaja kita belajar untuk lebih mandiri, dan membantu ibu membereskan rumah. Masa dewasa kita belajar untuk mencari uang sendiri dan kemudian mengurus rumah tangga.

Ya, sepanjang hidup, kita tak pernah lepas dari proses belajar. Untuk bisa tetap hidup kita butuh belajar. Proses belajar baru akan berhenti jika hidup kita telah berakhir dengan kematian. Eh, tunggu dulu, gimana dengan kematian, apa ada proses belajar juga? Kita memang tak pernah belajar untuk mati, karena kematian merupakan kejadian yang tak kita rencanakan, dan kejadiannya pun di luar kuasa kita. Namun, kita bisa lho, belajar mengakhiri hidup dengan indah, yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.


Di dunia ini ada yang namanya sebab akibat. Kem…

3 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Diri Sendiri

Apakah kita sudah mengenal diri sendiri dengan baik? Tak semua orang sudah mengenal dirinya sendiri dengan baik. Padahal, mengenal diri sendiri itu penting, lho. Dengan mengenal diri sendiri, kita tau seperti apa diri kita, di mana letak kelebihan dan kekurangan, serta apa kemampuan kita. Dan dengan mengetahui semua itu, kita jadi mudah menempatkan diri kita, tau kemana harus melangkah, dan lebih mudah dalam mengembangkan diri sendiri.


Diri kita sendirilah yang paling mengenal siapa diri kita yang sebenarnya. Ada tiga hal utama yang harus kita ketahui dari diri sendiri, untuk kita bisa mengenal diri sendiri dengan lebih baik :

1.  Kenali kelebihan kita

Kita harus tau apa saja kelebihan-kelebihan kita. Dengan mengetahui kelebihan-kelebihan kita, ini bisa jadi kekuatan kita. Misalnya nih, saat kita melamar pekerjaan, dengan mengetahui apa saja kelebihan kita, hal ini bisa mempermudah kita mendapat pekerjaan yang kita inginkan. Sebab dalam proses interview, hal ini seringkali jadi bahan per…

Pekerjaan Seperti Ini yang Akan Membahagiakanmu

Banyak orang yang bekerja, tapi tak banyak orang yang bahagia dengan pekerjaannya. Padahal, bahagia dengan pekerjaan kita itu penting, lho. Sebab, waktu yang kita habiskan untuk pekerjaan kita bisa sampai sepertiga atau bahkan setengah dari waktu yang kita miliki per harinya. Bisa dibayangkan kalau waktu sebanyak itu kita tak merasa betul-betul bahagia, sayang sekali, kan?

Seperti apa sih, pekerjaan yang bisa bikin kita bahagia? Eh, tunggu dulu, sebenarnya bukan pekerjaannya yang bikin kita bahagia, karena bahagia atau tidak tergantung pilihan kita. Tapi pekerjaan yang seperti berikut ini, bisa membantu kita untuk lebih mudah merasakan kebahagiaan. Mari disimak..

1.  Motivasi utama pekerjaan kita bukan uang

Jika motivasi utama pekerjaan kita adalah uang, pasti kita tak akan betul-betul bahagia. Ya, tentu uang bisa bikin kita senang saat menerimanya (saat gajian). Tapi apa kita gajian setiap hari? Uang bisa bikin kita senang, tapi hanya sementara, saat uang habis maka rasa senang itu akan…

Repot Deh, Kalau Kamu Gak Sadar Diri

Ada gak ya, orang yang gak pernah bisa untuk membuat hidupnya jadi lebih baik, yaitu dengan menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sekarang? Jawabnya, ada. Yaitu mereka yang gak pernah sadar diri. Maksudnya, gak pernah menyadari akan kesalahan yang telah diperbuatnya, gak pernah ngeh akan sikap-sikap negatifnya, dan gak pernah sadar bahwa dirinya pasti punya kekurangan.

Mudah-mudahan kita gak termasuk orang yang seperti ini, ya. Soalnya repot nih, kalau kita punya karakter kaya gini. Gak sadar akan keburukan diri sendiri, tentunya membuat kita jadi merasa paling benar, gak mau disalahkan, merasa orang lainlah yang salah, dan akhirnya membuat kita jadi mudah merendahkan orang lain.

Salah satu hal yang bisa membuat diri kita berubah menjadi orang yang lebih baik, adalah dengan menyadari dulu kekurangan kita, yaitu keburukan yang telah kita lakukan dan yang kita miliki dalam diri kita. Ya, kalau gak pernah sadar diri terhadap semua keburukan kita, apa yang mau diubah? Lha kan gak sadar …

Perhatikan Hal-hal Berikut Saat Kamu Harus Marah

Marah. Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata itu? Biasanya akan terbayang emosi, teriakan, muka cemberut, dan lain-lain. Marah, seringkali diidentikkan dengan hal-hal yang negatif. Padahal, marah tak selalu jadi negatif, lho. Selama marahnya dilakukan dengan cara yang tepat, marah justru bisa jadi hal yang positif. Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut saat kita harus marah : 

1.  Tujuan marah haruslah baik 

Marah yang tepat, harus memiliki tujuan yang baik atau positif bagi kedua belah pihak. Marah bukan sekadar luapan emosi untuk bikin kita lega lho, ya. Marah tersebut harus bermanfaat bagi kita juga bagi orang yang menerima marah kita. 

2.  Marah pada orang yang tepat

Marahlah pada orang yang tepat, yang memang terkait langsung dengan permasalahan yang sedang dialami. Jangan sampai kita salah sasaran. Sebab marah pada orang yang salah akan sia-sia, dan tujuan baik dari marah tersebut tak akan tercapai. 

3.  Perhatikan waktu dan tempat

Saat kita marah, kita juga harus te…

Waktumu di Dunia adalah Investasi

Kita tau bahwa waktu itu berharga. Sebab waktu yang sudah lewat tak bisa diulang kembali. Waktu di masa depan juga tak akan sanggup kita beli. Betapa berharganya waktu, hingga ia bisa dijadikan sebuah investasi bagi kita. Kita hidup di dunia ini untuk mengumpulkan amal ibadah sebagai bekal kita di akhirat. Dan untuk hidup, kita membutuhkan waktu. Jika waktu kita habis, maka habis pula kesempatan kita melakukan amal ibadah.




Maka dari itu, selama kita masih punya waktu di dunia ini, jadikan itu sebagai investasi yang bisa membuat hidup kita menjadi berarti. Berikut ini beberapa tips agar waktu yang kita miliki menjadi berarti.

1.  Jangan menyia-nyiakan waktu

Jangan menyia-nyiakan waktu yang kita miliki dengan melakukan hal-hal yang tak bermanfaat apalagi untuk keburukan (dosa). Pergunakan waktu dengan baik, manfaatkan untuk mengumpulkan amal ibadah dan kebaikan sebanyak yang kita mampu. 

2.  Jangan merasa waktu kita masih panjang 

Kita selalu merasa bahwa esok hari pasti ada. Padahal, kita s…

Proses Lebih Penting dari Hasil yang Kamu Dapatkan

Kita tentu tau bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Untuk mendapat hasil, maka harus ada proses, dan gak akan ada hasil tanpa melalui proses. Untuk mendapatkan hasil yang tampak sepele sekalipun pakai proses, kok. Misalnya, kita haus nih, pengen minum. Untuk mendapatkan air minum butuh proses juga, dari mulai pengambilan gelas, penuangan air, sampai mengangkat gelas ke mulut. Gak mungkin dong, air minum tiba-tiba jreng aja gitu di depan mulut kita, terus glek..glek..glek sendiri, ih, sulap kali.. 

Intinya, semua tindakan kita sekarang adalah proses. Termasuk contoh di atas tadi, itu adalah proses kita minum. Saya menulis sekarang ini juga termasuk proses, lho. Hasilnya bisa jadi belum kelihatan, tapi suatu saat tentu akan ada hasilnya, sebab hasil dan proses saling terkait satu sama lain. Jadi, di mana ada proses satu saat tentu ada hasil, dan di mana ada hasil sebelumnya tentu ada proses. 

Masalahnya, kita seringkali hanya fokus atau terlalu fokus pada hasilnya. Saat melihat kesuks…

Anak-anakmu Tak Bisa Menunggu

Kalau seorang ibu ditanya mengenai arti keberadaan anak dalam hidupnya, tentu akan keluar kata-kata luar biasa yang menggambarkan betapa berharga dan berartinya seorang anak. Begitu pula saya, buat saya anak adalah keajaiban, sebab hanya dengan melihatnya tertidur nyenyak saja sudah bisa membuat kita merasa tenang dan bahagia. Hanya dengan menciumi aroma tubuhnya, meski sedang dalam keadaan tak wangi, tapi bisa membuat kita merasa suka dan gemas ingin memeluknya. 

Intinya, keberadaan anak merupakan sesuatu yang sangat berharga dalam hidup kita selaku seorang ibu. Setuju kan, pastinya? Tapi, meski kita menganggapnya berharga, kenyataannya, sebagai manusia kita tetap saja memiliki kekurangan dalam memberi kasih sayang, mengasuh, dan mendidiknya. Ada kalanya kita merasa kesal padanya dan akhirnya kita memarahinya. Ada kalanya pula kita kurang memperhatikannya saat kita sedang disibukkan dengan aktivitas lain, misal : pekerjaan. 



Satu hal yang seringkali kita lupakan, bahwa anak-anak kita t…

5 Sikap Positif untuk Para Pekerja

Setiap orang pasti memiliki sebuah sikap dalam dirinya. Sikap yaitu perbuatan atau tingkah laku kita dalam menanggapi suatu hal. Misal : saat ada seseorang bersikap buruk terhadap kita, perbuatan yang kita lakukan dalam menanggapi orang tersebut, itulah yang dinamakan sikap. Sikap bukanlah bawaan lahir, artinya sikap yang kita miliki bisa kita pelajari, dan latih agar menjadi sikap positif yang kuat. 

Bagi para pekerja, tentunya diperlukan sikap-sikap positif yang dapat menunjang kualitas pekerjaan, agar menghasilkan pekerjaan yang bagus. Berikut ini beberapa sikap positif yang sebaiknya dimiliki para pekerja. Bukan hanya para pekerja kantoran saja ya, tapi juga para pekerja rumahan, termasuk saya. 

1.  Bijaksana

Artinya, kita tau apa yang seharusnya kita lakukan, dan kemudian kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan tersebut. Kita tau bagaimana melakukan pekerjaan dengan baik, tau bagaimana menghadapi klien, pelanggan, atau pimpinan yang sulit, dan juga tau bagaimana menghadapi b…

Manfaat dari Mengungkapkan Masalah

Semua orang pasti punya masalah, tapi tak semua orang suka mengungkapkan masalahnya pada orang lain. Sebagian orang lebih suka memendamnya sendiri. Padahal, sebenarnya mengungkapkan masalah pada orang lain memiliki beberapa manfaat. Asalkan kita mengungkapkannya pada orang yang tepat, yaitu orang yang bisa dipercaya, yang bisa bijak dalam memberi saran, dan juga yang bisa mendengarkan keluhan kita dengan baik. Berikut ini beberapa manfaat yang kita peroleh dari mengungkapkan masalah pada orang lain :

1.  Sebagai salah satu cara mencari solusi

Mengungkapkan masalah, menunjukkan bahwa kita ingin mendapatkan solusi. Dan untuk mendapatkan solusi, tentu harus ada usaha. Salah satunya yaitu dengan mencari orang yang tepat untuk kemudian jadi tempat kita bercerita dan berbagi beban pikiran dengannya. Jika kita terus menerus hanya memendam masalah tanpa melakukan apa-apa, bagaimana mungkin akan ada solusi. Saat kita sedang dilanda masalah, kita bisa jadi merasa buntu -tak tau harus berbuat apa-…

Rasa Tak Puas Tak Selamanya Buruk

Rasanya saya sudah beberapa kali menulis seputar judul di atas, tapi gak pernah merasa cukup untuk menulis tentang ini. Saya anggap ini sebagai pengingat untuk diri saya sendiri. Sebab, manusia pada dasarnya memang tak pernah luput dari ujian dan godaan. Dan selalu saja, ada rasa tak puas. Diberi 100 ribu, ingin 200 ribu, nanti udah punya 200 ribu, ada keinginan lagi untuk punya 300 ribu. Begitu seterusnya, tak ada habisnya. 

Sebenarnya, rasa tak puas itu ada sisi positifnya juga kok, asalkan kita menerapkannya untuk hal yang positif. Misal : Tahun lalu mampu sedekah 500 ribu, tapi rasanya masih kurang, jadilah tahun ini sedekah 1 juta. Dan setelah bisa sedekah 1 juta, tahun depannya ingin bisa meningkat lagi jadi 2 juta, dan seterusnya. Rasa tak puas tersebut justru bisa membuat kita menjadi berusaha memperbanyak amal kebaikan. 

Rasa tak puas dalam beribadah, bisa membuat kita memperbaiki dan meningkatkan ibadah kita. Rasa tak puas dalam hasil pekerjaan, bisa membuat kita berusaha lebi…

Mahalnya Ucapan Terima Kasih

Ucapan "Terima kasih" merupakan ucapan yang sangat ringan untuk dilafalkan, namun pada praktiknya, bisa jadi tak seringan itu. Coba hitung berapa kali kita mengucapkan kata "Terima kasih" dalam sehari? Bisa jadi hanya beberapa kali. Padahal, begitu banyak dari aktivitas yang kita lakukan, di situ ada peran orang lain. 

Misal : ada peran orangtua yang telah membantu kita mengurus anak, ada peran asisten rumah tangga yang telah membantu mengurus pekerjaan rumah, ada peran karyawan lain yang telah membantu kelancaran tugas kita di kantor, ada peran konsumen yang membantu kita mendapat rezeki, ada peran tukang parkir yang membantu kita memarkirkan kendaraan, ada peran penjual makanan yang membantu kita mengatasi rasa lapar, juga ada peran keluarga atau orang-orang terdekat yang telah membuat kita banyak tersenyum bahagia karena kehadiran mereka. 

Dan, masih banyak lagi hal lainnya, bahkan hingga hal-hal yang sebenarnya sangat sepele. Saat kita memasuki pintu Bank misalny…