Skip to main content

Menjaga Pola Makan Supaya Lebih Sehat :)

Credit: pixabay.com


Bismillaah

Assalamu'alaikum readers 😍


Kita bahas tentang berat badan dan pola makan yuuuk.. Sebenarnya dulu zaman saya masih gadis, berat badan bisa mencapai 47 kilogram dengan tinggi badan 150 cm. Hmm, kebilang lebihh dikit dari ideal sih, haha 😜

Kalau sekarang, berat badan saya mendekati 39 kilogram. Meski pengennya sih bisa mencapai 40 kilogram. Tapi masih stuck di 38-39, nih! Saya sekarang kurus bukan karena sakit atau diet dengan tujuan supaya kurus yah, haha..

Saya sekarang kurus karena memang menjaga pola makan. Soalnya saya ada gangguan pencernaan, dan setelah menjaga pola makan, saya ngerasa pencernaan alhamdulillaah lebih enak. Pola makan yang lebih sehat alhamdulillaah baru saya jalani sejak awal tahun ini, hehe..

Menurut saya sih gak masalah berapa berat badan kita, tapiii selama gak berlebihan, yahhh. Jadi kalau mau gemuk usahain gak berlebihan, begitupun kalau kurus sebaiknya gak berlebihan. Karena yang berlebihan emang gak baik, ya kaaan? 😋

Pola makan saya juga belum sehat banget kok, masih jauuuh sebenarnya dari pola makan yang benar-benar sehat. Tapi ini udah lebih baik Insya Allah dibandingkan pola makan saya beberapa tahun lalu.

Ini pola makan yang sekarang berusaha saya terapkan:

1. Gak makan pedas. Ini untuk menjaga supaya pencernaan saya gak “ngambek” 🙈

2. Gak makan makanan yang asam. Idem kaya nomor dua yaaa, supaya pencernaan aman-aman aja. Soalnya kalau saya makan pedas atau asam, pencernaan langsung gak enak, deh..

3. Membatasi asupan daging. Daging kambing dan daging sapi sih yang saya hindari. Kalau daging ayam dan ikan, sesekali saya masih suka makan. Sebenarnya daging (sapi dan ayam) bukan makanan yang gak bagus kok, selama kita bisa pilih yang organik (bebas dari suntik hormon). Dan untuk ikan pilih yang bebas dari merkuri.

4. Membatasi makanan yang terbilang sulit dicerna lambung saya. Misalnya, ketan, susu, sayuran mentah.

5. Membatasi makanan yang mengandung bahan-bahan tambahan, seperti: pengawet, pewarna buatan, perasa buatan. Subhanallah, zaman sekarang banyaaak banget produk makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan tambahan.

Coba deh cek komposisi makanan dan minuman yang kalian beli, hampir sebagian besar makanan & minuman di pasaran mengandung bahan-bahan tambahan 😆 Dulu saya mana pernah sih, ngecekin komposisi makanan dan minuman, haha. Tapi sekarang, ini jadi hal “wajib” karena saya berusaha pilih makanan dan minuman yang gak terlalu mengandung bahan-bahan tambahan, khususnya saat belanja di supermarket (bukan organic store).

6. Membatasi konsumsi makanan berlemak atau berminyak. Misalnya, daging bagian yang mengandung banyak lemak, gorengan, bakso, fast food.

7. Membatasi asupan gula non alami, seperti gula pasir. Lebih baik pilih gula kelapa. Sekarang banyak kok yang jual gula kelapa bubuk, di supermarket biasa juga ada 😁 Kalau saya lebih pilih gula alami seperti dari madu atau buah. Tapi tetap gak boleh berlebihan yahhh, hehe.

8. Makan dengan porsi gak banyak tapi kuantitasnya lebih sering. Ini cocok untuk pencernaan saya yang kalau makan banyak tuh berasa penuh (gak enak) di perut. Jadi saya makan sehari bisa beberapa jam sekali (sekitar 3 jam sekali), tapi porsinya sedikit.

9. Kunyah makanan hingga lembut dan makan dengan perlahan. Nahhh, ini cocok banget untuk pencernaan saya yang “manja”. Kalau makanan dikunyah perlahan dan hingga lembut, ini akan meringankan kerja lambung mencerna makanan 🤗 Efeknya lebih enak di pencernaan saya.

10. Gak tidur setelah makan. Hehe, dulu saya suka gini nih 🙈 Kalau abis makan kenyang bawaannya ngantuk, terus tidur bentar. Padahal ini gak baik lho. Setelah makan minimal kasih jeda sekitar 3 jam baru tidur. Ya, kecuali makan camilan yang gak bikin kenyang, gak usah sampe 3 jam, hehe..

Mudah-mudahan saya bisa konsisten, malah bisa semakin sehat lagi pola makannya, aamiin 😍

Btw, kalian punya tips menjalani pola makan sehat? Saya mau tau dooong. Silakan share di kolom komentar, yahhh.


Wassalamu'alaikum.

*You can follow me on Instagram @arifahabdulmajid

Comments

  1. olahraga kecil, naik turun tangga . bu :)

    ReplyDelete
  2. Semoga sehat selalu,walaupun berat badan tbah turun yg penting penyakitnya hilang ya,amiin

    ReplyDelete
  3. Huhuhu bb ku naik banget nih Mbk,sedih.. mulai diet lagi,kurangi nasi,makanan berminyak dan olahraga teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik setelah punya anak ya, Mbak? Iya, tinggal diatur aja pola makannya Mbak :)

      Delete
  4. Bermanfaat sekali, Mba..harus dicoba nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iyaaa silakan dicoba disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Mbak yah :)

      Delete
  5. Waah kalau disiplin dan konsisten seperti Mbak Arifah, in syaa Allah dinikmati yaa. Sehat terus ya Mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, alhamdulillaah sehat memang nikmat :) Aamiin, barakallah Mbak Mugniar.

      Delete

Post a Comment